Komunitas Tata Bumi Hijau
BERBAGI ILMU: Komunitas Tabuhi saat mengadakan pelatihan pembuatan pupuk cair organik, di Pondok Terong, beberapa waktu lalu. FOTO: ISTIMEWA

Lebih Dekat dengan Komunitas Tata Bumi Hijau Kota Depok (3-Habis)

RADARDEPOK.COM Sesuatu yang kreatif sangat dibutuhkan di masa Pandemi Covid-19. Komunitas Tata Bumi Hijau (Tabuhi) mengajarkan serta mengajak masyarakat semakin kreatif, untuk menambah penghasilan di masa-masa sulit seperti ini.

Laporan: Putri Disa Kiftiani

Malam yang semakin larut, suara Agung Dharmawan di ujung telfon masih terdengar jelas, walau sesekali jaringan tidak stabil dan mengharuskan dirinya keluar rumah. Agung terus bercerita tentang komunitas kecilnya itu, Tabuhi.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, banyak dampak yang terjadi. Yang paling terasa di masyarakat adalah dampak ekonomi. Komunitas Tabuhi, tidak ingin giat atau program yang dijalankannya menjadi sia-sia.

Di sela-sela kegiatan rutin yang dijalankan untuk masyarakat sekitar wilayah Pondok Terong, Tabuhi memasukkan giat pembuatan pupuk cair. Dengan mengundang beberapa peserta, termasuk ibu-ibu, pelatihan pada pagi hari dimulai.

Para peserta latihan yang datang rupanya dibatasi, karena mengikuti peraturan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mereka nampak bersemangat, itu terlihat dari senyuman ketika disambut anggota Tabuhi.

Tanpa menunggu lama, setelah para peserta kumpul, anggota Tabuhi memulai kegiatan tersebut dengan bismillah. Selanjutnya, dilakukan pelatihan pembuatan pupuk cair.

Pupuk cair yang dibuat berasal dari sampah dapur rumah tangga. Sampah yang biasanya dibuang, dimanfaatkan agar bisa menjadi penghasilan.  Hasil dari pupuk cair akan dibuat bank pupuk, yang bisa diambil dan dibawa oleh para peserta pelatihan.

Pelatihan selesai selepas zuhur, sata matahari sudah naik di atas kepala. Pupuk Cair Organik atau yang biasa disebut POC hasil pelatihan para peserta, dibawa oleh masing-masing peserta pelatihan.

“Hasilnya bisa dijual, dengan cara dititip ke penjual pedagang tanaman-tanaman di Kota Depok. Bisa mendapat tambahan rezeki dari situ,” ucapnya.

Tak hanya pelatihan pupuk yang sangat bermanfaat di masa pandemi Covid-19. Tabuhi juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga. Penyemprotan tersebut dilakukan tanpa diminta oleh warga.

“Semoga apa yang Tabuhi lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan membantu di masa Pandemi Covid-19,” tutupnya. (rd/dis)

 

Editor: M. Agung HR