Beranda Metropolis Melihat Aksi Relawan Beneran RW6 Mekarsari (1) : Terbentuk Maret 2020, Bergerak Karena Kemanusiaan

Melihat Aksi Relawan Beneran RW6 Mekarsari (1) : Terbentuk Maret 2020, Bergerak Karena Kemanusiaan

0
Melihat Aksi Relawan Beneran RW6 Mekarsari (1) : Terbentuk Maret 2020, Bergerak Karena Kemanusiaan
CEGAH COVID : Anggota Relawan Beneran tengah melakukan penyemprotan disinfektan dilingkungannya. Relawan Beneran For Radar Depok

RADARDEPOK – Relawan Beneran, mungkin namanya terdengar sedikit nyeleneh. Tetapi, mereka terbentuk melalui hati nurani karena ingin menolong sesama saat awal pandemi di Maret 2020. Aksi kemanusiaan yang dilakukan, membuatnya banyak mendapat apresiasi dari masyarakat.

Laporan : Lutviatul Fauziah

Siang ini dalam cuaca yang tidak secerah biasanya, Radar Depok mencoba mendatangi Posko Relawan Beneran yang terletak di RW6 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. Begitu sampai di lokasi, disambut hanggat ketua dan beberapa anggota.

Sambil duduk santai di posko, mereka menceritakan bagaimana bisa terbentuknya Relawan Beneran dan berjalan dengan baik hingga saat ini.

Saat awal pandemi di Maret 2020 lalu, dengan rasa kemanusiaan mereka tergerak untuk membantu sesama yang dimulai dari lingkungan tempat tinggalnya. Saat pemerintah belum banyak bergerak, Relawan Beneran sudah lebih dahulu membentuk tim dan melakukan berbagai pencegahan. Walaupun, saat itu di wilayahnya masih nol kasus.

“Saat awal pandemi, kami langsung bergerak cepat dengan mengerahkan anggota untuk mendata usia. Dan penyakit penyerta yang dimiliki oleh masyarakat di wilayah RW 6,” ucap Ketua Relawan Beneran R. Susilo sambil berdiskusi hangan ditengah hujan deras.

Beranggotakan sekitar 30 orang, mereka bergerak cepat setiap harinya melakukan berbagai pencegahan disetiap RT yang ada di lingkungannya. Dinamai Relawan Beneran juga merupakan sebuah spontanitas, yang dilakukan para anggota dalam melakukan aksi-aksi kemanusiaan.

“Sebenernya lucu, dulu kita berjalan saja tanpa ada nama. Tetapi, saat melakukan penyemprotan disinfektan, ada anggota kami yang masih remaja memakai Alat Pelindung Diri (APD), dan dibelakangnya ditulis Relawan Beneran. Nah, dari situlah tercetusnya nama Relawan Beneran,” jelasnya sambil tertawa ringan.

Tidak hanya itu, mereka dengan sigap melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian dan razia masker serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Karena pergerakan masyarakat yang sangat luas, membuat satu persatu tumbang terpapar virus tak kasat mata yang membahayakan tersebut. Ketika di wilayahnya ada yang terpapar, mereka tanpa rasa takut mendatangi memberikan bantuan sembako sekaligus memotivasi agar psikologi para pasien tidak terganggu.

Masyarakat pun sangat mengapresiasi kerja Relawan Beneran yang dinilai bener-bener relawan, tanpa mengharapkan apapun. Mereka siap kapanpun dan jam berapapun ketika masyarakat membutuhkan.

Walaupun agaran yang mereka miliki merupakan swadaya dari anggota ataupun donatur perseorangan, tetapi mereka sangat semangat dan sungguh-sungguh dalam membantu sesama.

Tidak mengenal Ras, agama, golongan dan jenis kelamin siapapun yang membutuhkan bantuan akan mereka bantu dengan sekuat tenanga. Bahkan, beberapa wilayah lain diluar Mekarsari banyak yang meminta bantuan Relawan Beneran untuk penyemprotan hingga evakuasi pasien ke rumah sakit. (bersambung)

Editor : Fahmi Akbar