boks haul bedahan
TRADISI : Suasana Haul Almarhum H. Maih dan Hj. Nawiyah di Kelurahan Bedahan. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Memperingati Haul almarhum H. Muhammad Sakim Bin H. Maih dan Hj. Nawiyah Binti H. Biran, keluarga besar Ahmad Nawawi menggelar doa bersama, khatam Alquran dan santunan bagi para yatim di wilayah Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Susana peringatan Haul Alm H. Muhammad Sakim Bin H. Maih dan Hj. Nawiyah Binti H. Biran, yang merupakan tokoh di Kelurahan Bedahan, berlangsung penuh hihkmat. Lantunan doa dipanjatkan setiap peserta yang datang dalam kegiatan tersebut.

Momentum haul itu dijadikan keluarga besar almarhum untuk berbagi, karena almarhum dan almarhumah yang merupakan orang tua dari Ahmad Nawawi memiliki kesan mendalam bagi keluarga.

Ayah kami almarhum H. Muhammad Sakim adalah mantan kepala desa periode 1990-1997 yang telah memberikan kontribusi besar dalam membangun di Kelurahan Bedahan. Bahkan telah mendidik kami dengan baik sebagi anak-anaknya,” ujar Ahmad Nawawi yang disapa akrab Away, usai Haul di kediamannya di kawasan Bedahan.

Pesan orang tua merupakan modal bagi anak – nak mereka dalam melangkah. Itu lah yang menjadi moto Away dan keluarganya dalam bermasyarakat. “Kami masih teringat pesan almarhum kepada anak-anaknya agar selalu berbuat baik kepada sesama. Ini lah yang terus kami terapkan dalam kehidupan sehari – hari,” terangnya.

Haul ini sudah menjadi tradisi di lingkungan keluarga besar Away. Dalam Haul ini tersemat doa – doa yang dipanjatkan untuk orang tua mereka yang sudah terlebih dahulu menghadap Sang Khalik.

Haul ini adalah sebagai momentum mengenang almarhum juga memberikan doa agar diterima amal baiknya dimaafkan segala kesalahannya serta diberikan tempat di surganya Allah SWT,” ucapnya.

Acara haul diisi khatam Al-Quran yang dibacakan 10 orang, kemudian memberikan santunan 35 anak-anak yatim, ceramah agama yang disampaikan Ustad Mardani dari Rawa Denok, Kecamatan Pancoranmas. Hadir dalam acara tersebut, aparatur Kelurahan Bedahan, anggota DPRD, ketua LPM, Bimas, Bhabinsa, RT, RW setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (*)

Editor : Junior Williandro