Beranda Pendidikan MI Al Islamiyah Cikumpa Gelar PTS Berbasis E-Learning

MI Al Islamiyah Cikumpa Gelar PTS Berbasis E-Learning

0
MI Al Islamiyah Cikumpa Gelar PTS Berbasis E-Learning
UNGGULAN: Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islamiyah Cikumpa, Kecamatan Sukmajaya mengadakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap berbasis E-Learning. FOTO: KHOIRUN NISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islamiyah Cikumpa, Kecamatan Sukmajaya, saat ini sedang mengadakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Genap. Pandemi yang masih berlangsung membuat pihak sekolah untuk terus berupaya dalam proses pembelajaran. Salah satunya, dengan mengadakan PTS berbasis E-Learning.

E-Learning merupakan sistem pembelajaran elektronik yang didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang Pendidikan berupa situs web yang dapat diakses dimana saja.

Guru MI Al Islamiyah Cikumpa, Qonita Nabila menuturkan, setiap siswa diberikan akun dari sekolah untuk login ke E-Learning. Caranya yaitu cukup menggunakan username dan password serta token yang diberikan oleh guru. E-Learning juga memudahkan para guru, agar tidak membuat butir analisis soal dan koreksi manual. Karena, sudah otomatis ada analisis dan koreksiannya.

“Meskipun memudahkan proses pembelajaran, kadang ada kendala login ke E-Learning, yaitu server down karena penggunaan serempak. Untuk mengantisipasinya, guru memantau dan operator MI Al Islamiyah Cikumpa terus memperbaiki agar lebih baik,” ungkapnya.

Qonita menuturkan, pada awalnya E-Learning itu rumit. Apalagi untuk kelas 1, namun berjalannya waktu semakin terus belajar. Ternyata memudahkan guru karena tidak perlu membuat analisis dan koreksi soal manual.

“Para orang tua merespon baik, karena lebih canggih dan membantu mencegah penyebaran Covid-19. Sejauh ini kami masih menggunakan metode pembelajaran daring. Dan membuat orang tua yang gaptek menjadi bisa menggunakan teknologi ini karena terus belajar,” terangnya. (rd/mg8)

 

Jurnalis: Khoirun Nisa

Editor: M. Agung HR