baca
MINI LIBRARY PULOSARI : Anak-anak membaca buku di Mini Library Pulosari, Jalan Kebon Bibit, Kota Bandung, Kamis (23/7). Perpustakaan warga ini merupakan program Komunitas Cikapundung dan Indonesia International Work Camp (IIWC) Bandung guna meningkatkan minat baca anak-anak di kawasan terdepan, tertinggal dan terluar. Fajri Achmad NF. / Bandung Ekspres

RADARDEPOK.COM – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok menyatakan, minat baca dan gemar baca masyarakat Kota Depok dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal tersebut dilihat berdasarkan survei yang dilakukan Diskarpus Kota Depok.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, walaupun tidak mengalami peningkatan yang signifikan, namun minat baca dan gemar baca masyarakat Kota Depok sudah bisa dikatakan baik.

“Diskarpus Kota Depok telah melakukan survey sebanyak tiga kali. Yang pertama tahun 2018, kemudian 2019, dan tahun kemarin 2020. Mengalami kenaikan,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (28/3).

Lebih merinci, Siti menjelaskan, pada 2018 minat baca masyarakat Kota Depok sebesar 63,94 persen. Kemudian 2019 minat bacanya meningkat menjadi 64,88 persen. Dan pada 2020 minat baca masyarakat meningkat menjadi 66,37 persen.

Sementara gemar membaca masyarakat pada 2018 adalah sebesar 55,04 persen. Kemudian pada 2019 gemar membaca masyarakat menjadi 63,94 persen. Dan gemar membaca masyarakat di 2020 menjadi 66,37 persen.

Siti berharap, kenaikan minat baca ataupun minat gemar membaca masyarakat Kota Depok bisa terus naik dari tahun ke tahun. Karena, seperti yang sama-sama diketahui, apabila masyarakat semakin banyak membaca, semakin banyak pula ilmu yang didapatnya.

“Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, yang semuanya bisa diakses serba digital. Tidaklah sulit mengakses suatu bacaan, dengan mudah bisa melalui gadgetnya masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya, minat baca dan gemar membaca bisa dilakukan berbagai cara. Seperti, salah satunya mendongeng. Karena mendongeng merupakan literasi secara lisan yang memang sudah ada sejak dahulu kala.

“Walaupun selama pandemi ini banyak lomba yang terhenti, Diskarpus akan tetap mengkampanyekan budaya membaca kepada masyarakat. Seperti kunjungan kepada anak PAUD melalui virtual, dan sebagainya,”pungkasnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar