Beranda Utama Mulai 8 April 2021, Bikin SIM A dan C Bisa Sambil Rebahan

Mulai 8 April 2021, Bikin SIM A dan C Bisa Sambil Rebahan

0
Mulai 8 April 2021, Bikin SIM A dan C Bisa Sambil Rebahan

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Agendanya, pada 8 April 2021, diresmikan aplikasi khusus pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara daring.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusuf mengatakan, aplikasi tersebut bisa digunakan dari berbagai jenis ponsel karena berbasis android dan IOS.

“Kalau aplikasinya baru bisa didownload setlah launching April 2021,” katanya.

Dia menjelaskan, Sementara ini aplikasinya diberinama SIM Umum Online Nasional. Namun, Polri masih mencari singkatan yang cukup familiar guna lebih mudah diingat oleh masyarakat.

Menurut Yusuf, untuk sistem SIM online kali ini tidak hanya merambah kota besar melainkan hingga ke pelosok daerah yang sulit dijangkau. Sebab, nantinya SIM yang sudah dicetak bisa dikirim melalui Kantor POS yang ada diseluruh Indonesia.

“Kami sudah menjalin kerja sama dengan kantor pos, jadi nanti akan ada biaya tambahan ongkos kirim yang dibebankan kepemohon SIM,” tuturnya.

Dalam proses perpanjangan SIM sambil rebahan ini, pemohon harus memverifikasi nomor telepon seluler dan muncul fitur registrasi mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kartu tanda penduduk (KTP) atau nomor SIM sebelumnya atau swafoto KTP/SIM (selfie).

“Dari data NIK dan nomor SIM itu memang sudah terdaftar belum di data registrasi Polri bahwa dia benar atau tidak sudah membuat SIM,” tukasnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya