Beranda Metropolis ODGJ Telanjang di Jalan Dirawat di RSUD

ODGJ Telanjang di Jalan Dirawat di RSUD

0
ODGJ Telanjang di Jalan Dirawat di RSUD
EVAKUASI: Dinsos Kota Depok saat mengevakuasi salah satu perempuan berstatus ODGJ, Jumat (12/3), Bojongsari, Depok. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mengavakuasi salah seorang perempuan tanpa busana yang ditemukan dalam kondisi sakit di Halte Jalan Raya Bojongsari, Kota Depok. Dan saat ini, perempuan tersebut berada di RSUD Depok.

Kepala Dinas Sosial Kota Depok, Usman Haliyana mengatakan, yang perempuan yang ditangani Dinsos statusnya adalah orang terlantar dan memiliki gangguan jiwa. “Karena statusnya orang terlantar, maka dari itu kami langsung evakuasi saat itu juga,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (14/3).

Usman menjelaskan, terkait kesehatan dari perempuan tersebut yang berstatus Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) sebenarnya bukanlah tugas dari Dinsos untuk menyembuhkannya, namun tugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes). “Tapi, karena statusnya orang terlantar, maka itu salah satu tugas Dinsos,” ucapnya.

Perempuan tersebut akhirnya ditangani Dinkes Kota Depok dan dilakukan perawatan di RSUD Depok. Setelah penyakit fisiknya sudah sembuh, Dinsos Kota Depok akan membawa perempuan tersebut ke Rumah Sakit Marzuki Mahdi, Bogor.

“Biasanya disana akan dilakukan perawatan selama kurang lebih tiga bulan. Dan biasanya juga setelah dilakukan perawatan, orang yang dirawat akan mulai bisa diajak bicara, minimal sudah ingat terhadap nama dan lainnya,” jelasnya.

Pascarehab nantinya, apabila memang orang Depok dan memiliki keluarga akan dikembalikan ke keluarganya. Namun, jika bukan orang Depok, maka akan dikembalikan ke daerah asalnya. “Bekerjasama dengan Dinsos daerah asalnya dan akan dilanjutkan ke keluarganya,” lanjutnya.

Sementara itu, Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bojongsari, Acep Jakarsih mengatakan, perempuan yang ditemukan beberapa hari lalu memang benar mengalami gangguan jiwa dan fisik. “Maka dari itu, kami bawa juga ke RSUD Depok. Untuk mendapat perawatan fisik,” tuturnya.

Penanganan dalam mengevakuasi perempuan tersebut memerlukan bantuan dari Binmas, Polsek, dan juga Dinkes yaitu puskesmas setempat. “Kami yang mengevakuasi menggunakan ambulance dari Puskesmas setempat. Dan Alhamdulillah sejauh ini kami bersinergi semua,” tutupnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar