Beranda Metropolis Pakai JKN-KIS Riky Tidak Pernah Alami Kendala

Pakai JKN-KIS Riky Tidak Pernah Alami Kendala

0
Pakai JKN-KIS Riky Tidak Pernah Alami Kendala
PELAYANAN KESEHATAN: Seorang warga Kota Depok, Riky Nur Aprianto menunjukan kartu program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejak diluncurkan pada tahun 2014 lalu, program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak henti-hentinya menebar kebaikan bagi masyarakat. Terbukti dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di fasilitas kesehatan dengan menggunakan kartu JKN-KIS. Salah satunya yaitu seorang warga Kota Depok, Riky Nur Aprianto.

Riky mengungkapkan bahwa ia dan keluarganya baru menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2018 lalu. Meski demikian, ia dan keluarganya telah berkali-kali terbantu berobat oleh Program JKN-KIS.

“Kami sering berobat menggunakan kartu JKN-KIS. Terakhir yang menggunakan yaitu istri saya untuk persalinan. Dari pengalaman kami berobat menggunakan kartu JKN-KIS, kami merasa nyaman. Mulai sejak mendaftar untuk berobat sampai pulang, kami dilayani dengan baik. Proses administrasinya juga tidak sulit dan bisa dengan cepat dilayani oleh dokter. Kami tidak mengalami kendala apapun selama pengobatan,” ujar Riky, Senin (8/2).

Lebih lanjut, Riky mengakui bahwa meski dirinya dilayani dengan baik selama pengobatan, namun seluruh biaya pengobatannya dijamin oleh Program JKN-KIS. Alhasil, ia tidak perlu lagi merogoh kocek yang cukup dalam untuk membiayai pengobatannya ataupun keluarganya.

“Tentu saya dan keluarga merasa senang. Kami tidak perlu membayar biaya pengobatan. Padahal biaya pengobatan kami tidak murah, mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Apalagi untuk persalinan istri saya yang dilakukan dengan operasi caesar. Tentu biayanya sangat mahal,” ujar Riky.

Riky menyadari bahwa iuran yang ia dan keluarganya bayarkan tidaklah sebanding dengan besarnya manfaat yang telah mereka peroleh. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih atas manfaat Program JKN-KIS yang telah ia dan keluarganya terima. Katanya, tanpa adanya Program JKN-KIS, mungkin keluarganya akan merasa kesulitan akibat biaya pengobatan.

“Saya merasa bersyukur karena keluarga kami terlindungi oleh Program JKN-KIS. Saya dan keluarga juga sudah merasakan bagaimana besar manfaat Program JKN-KIS. Jadi saya akan berkomitmen untuk mendukung Program JKN-KIS, sehingga dapat terus berjalan dengan baik. Tentunya dengan cara membayar iuran secara rutin dan tepat waktu,” tutup Riky. (DT/mr)