Beranda Satelit Depok Pangkalanjati Baru-Gandul Pede PBB Tercapai

Pangkalanjati Baru-Gandul Pede PBB Tercapai

0
Pangkalanjati Baru-Gandul Pede PBB Tercapai
KASIH TAHU : Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto menjukkan SPTT 2021 yang akan didistribusikan. FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANGKALANAJATIBARU – Memasuki 2021 sejumlah kelurahan sudah dibenturkan dengan target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kendati demikian, Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB) dan Gandul Kecamatan Cinere tetap optimis capain target tetap tercapai. Minimal, menyamai prosentase perolehan target PBB tahun 2020 yang mencapai 102 persen.

Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto menabarkan, target penerimaan pajak bumi dan bangunan 2021 tidak berbeda jauh dengan target 2020, yakni mencapai Rp3,2 miliar. Hanya saja, kata dia, pada tagihan PBB tahun ini terjadi pengurangan jumlah wajib pajak (WP) sebagai dampak dari pembangunan ruas jakan Tol Depok – Antasari (Desari).

“Target PBB kami tahun ini sebesar Rp3,2 miliar, relatif masih sama dengan tahun kemarin. Sementara jumlah wajib pajak (WP) tahun ini sedikit berkurang dan berkisar sekitar 4.000 wajib pajak, kami akan berupaya minimal menyamai prosentase perolehan tahun lalu sebesar 102 persen, syukur syukur jika lebih dari itu,” kata lurah kepada Harian Radar Depok, Minggu (14/3).

Demi memenuhi harapan tersebut, Ugi –sapaan lurah- mengaku, telah menyampaikan kepada para ketua lingkungan mengoptimalkan perolehan tagihan. Dengan cara menyegerakan pendistribusian SPPT kepada para wajib pajak. Baik yang menetap di wilayah Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB) maupun para wajib pajak yang tinggal diluar wilayah Pangkalan Jati Baru.

“Sebagian wajib pajak memang tidak menetap di Pangkalan Jati Baru, namun itu tidak jadi masalah dengan catatan alamat tinggalnya jelas sehingga akan memudahkan para pengurus lingkungan untuk menyampaikan surat pemberitahuan pajak terhutang (SPPT) kepada yang bersangkutan,” imbuhnya.

Hal serupa juga dilakukan Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere. Menurut Lurah Gandul, Mursalim, peran para ketua lingkungan dalam meyosialisasikan kewahiban membayar PBB menjadi salah satu faktor menentukan keberhasilan pencapaian target PBB.

“Pendistribusian SPPT secara dini dan imbauan kepada wajib pajak merupakan salah satu aspek yang menentukan dalam perolehan PBB. Alhamdulillah di wilayah kami semua ketua lingkungan sangat pro aktif. Sehingga perolehan PBB kami bisa mencapai lebih dari seratus persen pada tagihan tahun lalu, semoga trend positif itu bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun ini,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro