Beranda Ekbis dan Hiburan Pemerintah Indonesia Akan Bikin Bank Emas

Pemerintah Indonesia Akan Bikin Bank Emas

0
Pemerintah Indonesia Akan Bikin Bank Emas

RADARDEPOK.COM – Dalam rapat kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kementerian Kooordinator Bidang Perekonomian sedang mengkaji pembentukan Bullion Bank atau Bank Emas.

Saat ini, emas merupakan salah satu komoditas yang harganya bisa bertahan, bahkan cenderung naik selama pandemi virus Korona (Covid-19).

Pemerintah menilai pembentukan Bank Emas akan menguntungkan sejumlah pihak, diantaranya bisa menghemat devisa, dan bagi industri keberadaannya bisa menjadi sumber pembiayaan.

Sementara bagi perbankan, kehadiran Bank Emas bisa menjadi diversifikasi produk, dan bagi masyarakat kehadiran Bank Emas bisa mendapatkan imbal hasil dari simpanan emas di bank.

Saat ini Indonesia termasuk ke dalam negara penghasil emas terbesar di dunia, di mana tercatat memiliki lokasi tambang emas terbesar kedua dunia di Papua. Pada 2020 lalu, kinerja ekspor emas dan granula juga mengalami peningkatan hingga senilai USD5,28 miliar.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono menilai rencana bank emas tersebut tidak berarti otomatis akan berhubungan dengan sistem keuangan nasional. Pihaknya juga belum diajak berdiskusi untuk penjelasan lebih lanjut.

“Saya tidak terlalu paham dengan rencana tersebut. Penggunaan frasa ‘bank’ mungkin juga tidak merujuk kepada pengertian perbankan dalam sistem keuangan namun semata sebagai fungsi ‘pengumpul’ emas. Tapi sekali lagi saya memang tidak tahu saja soal ini,” ujar Erwin. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya