Kadinkes Novarita
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 hadir di Indonesia sudah lebih dari satu tahun. Banyak kebijakan peraturan yang diberlakukan pemerintah di tingkat pusat maupun daerah berubah-ubah, dan menyesuaikan kondisi di wilayah masing-masing. Ada pula aturan-aturan baru yang tentunya masih menjadi hal yang tidak biasa bagi masyarakat selama pandemi ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengingatkan, adanya pandemi Covid-19 yang hadir cukup lama, masyarakat diharuskan tetap menjaga kesehatan mentalnya.

“Sebab, untuk melawan virus Covid-19 perlu mental kuat,” tutur Novarita kepada Radar Depok, Minggu (7/3).

Lebih lanjut, Novarita menuturkan kesehatan mental di masa Pandemi Covid-19 harus diwaspadai. Karena banyak yang stres, entah stres karena dampak pandemi atau terpapar Covid-19.

“Dampak pandemi Covid-19 ini kan banyak. Yang stres tidak hanya yang terpapar Covid-19, namun mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) juga ikutan stres,” ucapnya.

Maka dari itu, masyarakat Kota Depok harus selalu meningkatkan keimanan, sehingga menyadari apa yang sudah terjadi dan telahah menjadi takdir Allah SWT.

“Selain harus menjaga keimanan, masyarakat juga tetap harus menjaga protokol kesehatannya,” sambungnya.

Novarita menyarankan, dimasa pandemi Covid-19, masyarakat harus bisa lebih kreatif. Artinya, bisa mencari peluang usaha, mencari hal yang bisa dikerjakan dari rumah, dan menghasilkan.

“Kalau memang bisa ada yang dikerjakan dari rumah, sebaiknya dikerjakan dari rumah. Apalagi yang bisa menghasilkan. Juga agar bisa lebih kreatif, mencari peluang apa yang dibutuhkan banyak orang saat pandemi,” jelasnya.

Masyarakat tidak bisa meninggalkan virus Covid-19. Bahkan buktinya, sampai sekarang Covid-19 masih ada.

“Yang terpenting adalah tetap menjaga kesehatan mental, jangan sampai stres, karena apabila stres imun bisa turun dan akan lebih mudah terserang penyakit,” tutupnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR