boks TB puskesmas kedaung
PENYULUHAN : Suasana penyuluhan penyakit TB di aula Puskesmas Kedaung. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung menggelar penyuluhan dalam gedung terkait Tuberkulosis (TB). Pada kesempatan tersebut pengunjung Puskesmas diberikan pemahaman seputar penyakit TB dan dibagikan leaflet tentang TB.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Antusiasme warga Kedaung dalam menghadiri acara punyuluhan yang dilakukan UPTD Puskesmas Kedaung cukup tinggi. Terlihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan penyluhan itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia. Kepala UPTD Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani tampak bersemangat dalam memaparkan seluk beluk penyakit TB kepada peseta yang hadir.

Penting bagi masyarakat untuk tahu gejala dan penularan TB. Karena ini sering terjadi tanpa disadari masyarakat,” kata Anugrah.

Gejala yang umum dirasakan orang yang terjangkit TB ialah batuk yang sudah lebih dari dua pekan dan terus-menerus. Jika sudah menemukan hal tersebut, masyarakat dapat menghubungi kader posyandu atau datang langsung ke Puskesmas.

Semoga dengan penyuluhan ini, masyarakat dapat mendeteksi dini penyakit TB agar segera mendapatkan penanganan dan tidak menularkan ke orang sekitar,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, terselip juga pesan untuk warga Kedaung agar mau memeriksakan kondisi kesehatan sesegera mungkin jika mengalami gejala – gejala yang mengarah pada TB.

Kalau sudah merasakan gejala jangan ditunda-tunda untuk melakukan pemeriksaan,” pungkasnya. (*)

Editor : Junior Williandro