Ibu Catur Diskarpus
Kepala Bidang Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Catur Sri Astuti

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perpustakaan Umum Kota Depok ternyata memiliki koleksi buku sebanyak 47.796 eksemplar yang bisa dipinjam dan dimanfaatkan untuk menambah ilmu ataupun meningkatkan literasi masyarakat di Kota Depok.

Kepala Bidan Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan, saat ini perpustakaan memiliki sebanyak 23.078 judul buku dan sebanyak 47.796 eksemplar.

“Jadi, satu judul biasanya ada dua sampai tiga eksemplar yang ada di perpustakaan ini,” tuturnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (24/3).

Lebih lanjut, Catur mengatakan, selain koleksi fisik yang dipunya, perpustakaan Kota Depok juga memiliki koleksi e-Book. Dengan jumlah koleksi sebanyak 2.037 judul dan jumlah eksemplar sebanyak 7.979.

“Dari banyaknya buku yang disebutkan di atas, terdiri dari buku pengetahuan umum, sejarah, matematika, novel, dan lainnya,” ujarnya.

Setiap tahunnya, Catur mengaku, koleksi buku di perpustakaan Kota Depok bertambah. Karena memang ada anggarannya. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, anggaran jadi terkena recofusing sehingga berimbas dengan anggaran pembelian buku.

“Sudah sejak tahun lalu kami mengurangi jumlah pembelian buku. Biasanya per tahun kami menambah koleksi sebanyak 5.000, namun karena ada recofusing, jadi kami tambah setengahnya. Sekitar 2.300 eksemplar,” ucapnya.

Catur berharap, dengan banyaknya koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan Kota Depok bisa meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. “Sehingga fasilitas yang sudah ada benar-benar digunakan dengan baik,” sambungnya.

Walaupun di tengah pandemic Covid-19 perpustakaan tidak diperbolehkan membaca di tempat, namun Catur berharap, minat baca masyarakat dengan meminjam buku naik, karena masih bisa di akses lewat e-book ataupun peminjaman yang bisa dibawa ke rumah.(rd/dis)

 

Tentang koleksi buku di Perpustakaan Kota Depok:

Koleksi di perpus

– Jumlah judul buku: 23.078 judul

– Jumlah eksemplar buku: 47.796 eksemplar

Koleksi di e-Book

– Jumlah judul buku: 2.037 judul

– Jumlah eksemplar buku: 7.979 eksemplar

Penambahan buku pertahun :

– Kondisi normal: 5.000an eksemplar

– Kondisi pandemic: 2.300 eksemplar

 

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR