Beranda Metropolis Perpustakaan Keliling Diskarpus Sudah Kunjungi 135 Titik

Perpustakaan Keliling Diskarpus Sudah Kunjungi 135 Titik

0
Perpustakaan Keliling Diskarpus Sudah Kunjungi 135 Titik
PUSLING: Diskarpus Kota Depok mendatangi salah satu sekolah yang ada Depok dalam program perpustakaan keliling, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Meski ada sebagian kegiatan yang mesti tertunda imbas Covid-19. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok masih tetap melakukan beberapa program kegiatan, salah satunya perpustakaan keliling (pusling). Mulai awal Februari hingga Maret tercatat sudah 135 titik dikunjungi.

Kepala Bidang Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan, program perpustakaan tetap berjalan walaupun saat ini sekolah belum dibuka. Berdasarkan data internal yang dimilikinya, Diskarpus sudah mendatangi 135 titik pusling. “Alhamdulillah, walaupun pandemi Covid-19 tidak menjadikan semua kegiatan terhambat. Salah satunyq pusling, kami tetap berjalan,” tuturnya Harian Radar Depok, Selasa (16/3).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, 2021 pusling baru dimulai pada Februari. Dan diawali di Kecamatan Cimanggis. Dalam satu hari, pusling biasanya mendatangi tiga titik lokasi. Sehari juga biasanya ada tiga petugas untuk pusling, yang ditempatkan di masing-masing titik satu orang. “Para petugas sudah mendapat jadwal sebelumnya untuk mendatangi titik mana saja,” sambungnya.

Selain untuk membaca, pusling juga biasanya digunakan sebagai penataan perpustakaan yang berada di sekolah. Jadi, para petugas perpustakaan atau guru yang berada di sekolah akan dilakukan pembinaan terkait penataan perpustakaan. “Lalu pencatatan buku apa saja yang ada di perpustakaan, seperti itu,” ucapnya.

Pusling juga dihadirkan dan diperuntukkan untuk peminjaman buku selama beberapa jam saja. Bahkan, buku yang ada di pusling tidak diperkenankan untuk dibawa pulang ke rumah kemudian baru dikembalikan. “Buku tersebut hanya bisa dipinjam saat pusling berlangsung,” tambahnya.

Terakhir, Sri menegaskan bahwa pusling dilaksanakan atau tetap diadakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Selain penerapan protokol kesehatan, kamu juga kan ada pembatasan petugas dan yang dikunjungi,” pungkasnya.(rd/dis)

Tentang Perpustakaan Keliling :

Titik Perpustakaan Keliling

  • Februari-Maret 135 Titik

Tujuan :

– Meningkatkan budaya membaca murid, guru, maupun orang biasa

– Mengedukasi tentang perpustakaan

Buku yang Tersedia :

– Buku fiksi

– Buku pelajaran

Titik Perpustakaan Keliling i:

– Tiga titik dalam sehari

– Satu petugas di satu titik

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar