Beranda Metropolis PMI Depok Gandeng FAJI Latih Relawan

PMI Depok Gandeng FAJI Latih Relawan

0
PMI Depok Gandeng FAJI Latih Relawan
SIAP LATIHAN: Relawan PMI Kota Depok didampingi FAJI Kota Depok, saat berlatih arung jeram guna meningkatkan kemampuan, mulai dari titik Jembatan GDC hingga kolong tol Juanda. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia para relawan, PMI Kota Depok menggandeng Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Depok, menyusuri sungai Ciliwung, mulai dari titik GDC hingga kolong tol Juanda.

Koordinator Penanggulangan Bencana dan Logistik PMI Depok, Ari Prasetyo menerangkan, kegiatan tersebut sangat membantu meningkatkan kualitas setiap relawan, terutama dalam merespon dan penanganan dengan segera.

“Kami rutin dan berkala meningkatkan kualitas para relawan. Ini melatih kecepatan dan kekompakan dengan berlatih arung jeram,” terang Ari kepada Radar Depok, Rabu (24/3).

Sebanyak sepuluh relawan PMI termasuk instruktur FAJI Kota Depok mengarungi Ciliwung. Ada tiga materi yang dibawakan dalam latihan arung jeram tersebut. Yaitu Speed, Slalom, dan Great Team.

Ari melanjutkan, tentunya latihan ini harus dimanfaatkan seluruh relawan untuk terus meningkatkan kemampuan dalam melakukan evakuasi dengan cepat dan tepat, sebab bagi pihaknya yang bergerak di bidang kemanusiaan maupun sosial, kecepatan menjadi modal penting.

Sekretaris FAJI Kota Depok, H Taefur Yulianto mengatakan, dasar dalam mengawali arung jeram hal yang penting harus diketahui adalah mengantisipasi dari kejadian berbahaya, karena menjadi olah raga ekstrem. “Kualitas SDM, peralatan, itu wajib dikenali dari awal agar menghindari kejadian berbahaya,” jelas Yulianto.

Kemudian masuk pada salah satu materi dasar yang dilakukan relawan PMI. Setiap orang yang ingin berolahraga arung jeram wajib mengetahui peralatan dan fungsi, agar membantu selama beraktifitas arung jeram. “Harapan pasti sama, relawan dapat mengenal kualitas dirinya, dan terus berlatih. Terutama menumbuhkan jiwa kemanusian,” tutupnya. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR