pn
SINERGI : Ketua Pengadilan Negeri Depok, SyamsulArief bersama Walikota Depok, Muhammad Idris bersama Forkopimda Depok lainnya saat menandatangi PN Depok, dalam Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), di Kantor PN Depok, Kawasan Boulevard GDC, Jumat (5/3). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Pengadilan Negeri (PN) Depok Kelas I B mulai berbenah diri. Tak ingin di lembaganya terjadi suap, korupsi, pungli dan gratifikasi. Jumat (5/3), PN Depok ingin mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Keseriusan PN Depok disaksikan langsung Walikota Depok Mohammad Idris dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Depok.

Ketua PN Depok, Syamsul Arief menerangkan, ini bisa terwujud dengan kerjasama yang baik di jajaran Pengadilan, hal ini demi memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. “Nanti akan kita benahi semuanya, sarana dan prasarana, semua untuk memaksimalkan pelayanan. Agar semua merasa nyaman,” terangnya kepada Harian Radar Depok, Jumat (5/3) .

Pelayanan terbaik tersebut, kata dia, berdasarkan Permenpan RI Nomor 52 Tahun 2012 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Dia mengatakan, sebagai bagian dari instansi pemerintah, tentunya harus melaksanakan pembangunan Zona Integritas, dengan ini menyatakan bahwa PN mendukung penuh Daerah menuju Zona Integritas.

“Ini lebih pada pengakuan, bukan predikat atau apapun. Yang arahnya kepada sistem kerja lebih baik dan berkelanjutan. Dengan penguatan pengawasan serta meningkatkan fungsi pelayanan di lembaga pengadilan tanpa suap, korupsi, pungli dan gratifikasi,” tegasnya.

Syamsul mengungkapkan, ketika PN Depok ingin mendapatkan predikat Zona Integritas. Maka, Pimpinan serta  jajaran harus mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM. Melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik di PN Depok.

Saat ini, sambungnya, pelayanan di PN Depok sudah baik, dalam menuju Zona Integritas. Maka, harus bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya agar lembaga Pengadilan yang tanpa suap, korupsi, pungli dan gratifikasi dapat terwujud di lingkungan PN Depok.

Dilokasi yang sama, Walikota Depok, Mohammad Idris meyampaikan, ini sebagai bentuk nyata jika Depok terus menuju Kota yang berkualitas dalam melayani serta mensejahterahkan masyarkat dalam berbagai sektor.

“Pastinya ini harus terus didukung untuk kebaikan pelayanan di Depok. Bersama kita ciptakan Depok yang lebih baik lagi,” tandas orang nmomor satu di Depok itu. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar