Pelayanan Satu Pintu PN Depok
Humas Pengadilan Negeri Kelas I B Kota Depok, Ahmad Fadil

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pengadilan Negeri (PN) Kelas I B Kota Depok optimis meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Maka itu PN Depok terus berupaya memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Di antaranya melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Humas PN Depok, Ahmad Fadil mengatakan, para pencari keadilan yang datang ke PN Depok bisa langsung ke PTSP untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan. Mengenai jam operasional PTSP, pelayanan diberikan Senin hingga Jumat, dan tutup pukul 15.00 wib.

Fadil menuturkan, para pencari keadilan juga bisa memilih pelayanan daring dengan langsung memasukkan berkas, atau dokumen secara elektronik di aplikasi yang tersedia di website www.pn-depok.co.id.

Melalui PTSP, lanjutnya, masyarakat yang datang ke PN Depok, bisa langsung ke setiap loket yang telah tersedia. Nanti mereka akan dilayani petugas piket di masing-masing bidang. Jadi diharapkan bagi masyarakat, bisa langsung dapat terlayani dengan baik berdasarkan kebutuhan mereka.

“PTSP ini, pertama diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kedua, untuk transparan, tidak akan ada lagi kongkalikong sehingga tidak ada lagi yang kasak-kusuk karena semuanya terekam kamera,” kata Fadil.

Selain peningkatan pelayanan di PTSP, Fadil menjelaskan bahwa para Hakim dan seluruh pegawai di PN Depok Kelas I B dilarang menerima tamu yang berkaitan dengan perkara.

“Kami para hakim beserta pegawai dilarang menemui tamu, atau menerima tamu terkait perkara. Bilamana ada tamu yang ingin bertemu, petugas di bawah akan bertanya terlebih dahulu kepentingannya seperti apa? Kalau tamu tersebut ada kaitannya dengan perkara, maka kami tidak boleh menemuinya,” tegasnya.

Menurutnya, lain halnya dengan tamu yang ingin bertemu terkait dengan agenda kedinasan. Misalnya, ada tamu yang ingin bertemu dari PN lain, hal itu masih diperbolehkan menemuinya, namun diterima di bawah. Ada ruangan khusus yang sudah disediakan untuk menerima tamu.

“Jika masih ada yang menerima tamu yang berkaitan dengan perkara, itu persepsinya jelek. Meski demikian, PN Depok akan tetap berupaya melayani masyarakat dengan humanis, efektif, berintegritas, akuntabel dan tertib,” pungkasnya. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR