Beranda Politika Rizki Apriwijaya Dorong 150 UMKM Naik Kelas

Rizki Apriwijaya Dorong 150 UMKM Naik Kelas

0
Rizki Apriwijaya Dorong 150 UMKM Naik Kelas
SAMBUTAN : Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya saat memberikan sambutan dalam pelatihan Entrepeneur Youth Worshop di Hotel Margo, Jalan Raya Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Senin (22/03).

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menepati janjinya untuk membuat UMKM naik kelas, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Peta Indonesia mengadakan pelatihan Entrepeneur Youth Worshop bagi pemuda dan pelaku UMKM yang ada di Kota Depok.

Agenda yang diselenggarakan di Hotel Margo, Jalan Raya Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok tersebut, akan menghadirkan 150 pelaku UMKM yang dibagi menjadi tiga kloter, yakni pada 22-24 Maret, di mana per harinya untuk 50 peserta.

“Yang kita utamakan sebenarnya pembentukan karakter bagi pemuda. Memang sebagai syarat di bidang UMKM,” kata Rizki.

Sebab, wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, membangun bisnis dari awal memang cukup sulit. Namun, saat ini sasaran yang diberikan pelatihan adalah UMKM yang ada di Kota Depok, khususnya yang digerakkan oleh pemuda.

“Harapannya bisa meningkatkan kualitas UMKM-nya, dan juga meningkatkan produksi serta omset penjualannya, dengan pelatihan managemen usaha, serta penjualan secara online,” papar Rizki.

Rizki yang akrab disapa Dewan Milenial ini mengungkapkan, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga pihaknya menyesuaikan pelatihan dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Bahkan, dari 150 peserta yang dijadwalkan ikut pelatihan, dibagi menjadi tiga kloter.

“Tiap peserta dapat pelatihan satu hari, jadi per hari 50 peserta,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, peserta pelatihan tersebut memang lebih diutamakan pelaku UMKM yang sudah berjalan, khususnya pemuda yang mengeluti dunia UMKM. Pihaknya pun berkolaborasi dengan Dinas UMKM Kota Depok.

“Mereka (Dinas UMKM Kota Depok) mengirimkan 50 pelaku UMKM dari ribuan yang terdaftar, juga dari Yayasan Pendidikan Peta 50 peserta, serta 50 peserta yang kami jarring,” paparnya.

Rizki melanjutkan, hasil dari kegiatan ini, pihaknya mencoba membuat satu platform, baik media sosial ataupun website dan rencanannya sampai membuat aplikasi yang targetnya nanti UMKM di Kota Depok bisa saling berbagi informasi dan berjualan, seperti platform jualan online yang sudah eksis secara nasional.

“Namanya Inside (Innovative Smart Industries of Depok), diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan atau penjualan dari UMKM di Kota Depok,” kata Rizki yang juga Anggota Komisi II DPRD Jabar ini.

Kedepannya dia ingin kegiatan ini sustainable,terus berkelanjutan,  di mana setelah pelatihan ini dilaksanakan,peserta terbekali dengan ilmu baru dan kemudian mengaplikasikannya pada usaha yang mereka jalankan.

“Kemudian dalam waktu beberapa bulan ke depan akan dilakukan pendampingan dengan cara mengumpulkan kembali para pelaku UMKM ini dan mengevaluasi bagaimana perkembangannya sehingga dapat termonitor dengan baik,” ucap Rizki

Pelatihan yang dibuka tokoh masyarakat Kota Depok, Pradi Supriatna tersebut menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, seperti perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Ketua Yayasan Pendidikan Peta, H. Haris.

Sedangkan, tiap peserta yang ikut pelatihan, selain mematuhi Prokes Covid-19, sebelum memasuki ruang pelatihan juga dilakukan Rapid Antigen. (adv)

 

Grafis Rizki Apriwijaya

  • Menepati janjinya untuk membuat UMKM naik kelas
  • Bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Peta Indonesia mengadakan pelatihan Entrepeneur Youth Worshop bagi pemuda dan pelaku UMKM yang ada di Kota Depok
  • Diselenggarakan di Hotel Margo, Jalan Raya Margonda, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok
  • Menghadirkan 150 pelaku UMKM yang dibagi menjadi tiga kloter, yakni pada 22-24 Maret, di mana per harinya untuk 50 peserta

Sasaran

  • Membentuk karakter bagi pemuda, khususnya yang bergerak dibidang UMKM
  • Bisa meningkatkan kualitas UMKM, meningkatkan produksi serta omset penjualannya, dengan pelatihan managemen usaha, serta penjualan secara online

Tindaklanjut

  • Hasil dari kegiatan ini, mencoba membuat satu platform, baik media sosial ataupun website dan rencanannya sampai membuat aplikasi
  • Targetnya nanti UMKM di Kota Depok bisa saling berbagi informasi dan berjualan, seperti platform jualan online yang sudah eksis secara nasional
  • Ingin kegiatan ini bisa terus bergulir, di mana setelah pelatihan yang diadakan, peserta dapat dibekali ilmu baru, kemudian mencoba menjalankan, setelah itu dalam waktu tiga sampai enam bulan akan dipanggil lagi
  • Rizki siap kawal UMKM di Kota Depok maupun Kota Bekasi naik kelas