idrus yahya salat subuh
Ketua Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya.

RADARDEPOK.COM, DEPOK Berkaitan dengan keputusan dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang menyatakan mundurnya waktu Salat Subuh, maka di Kota Depok ada 25 musala dan masjid yang akan menerapkannya.

Berdasarkan keputusan Nomor 734/KEP/I.0/B/2021, PP Muhammadiyah menyatakan waktu salat subuh mundur rata-rata 8 menit.

Ketua Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya mengatakan, sebagai organisasi, pihaknya akan mengimbau dan mengikuti keputusan yang ditetapkan oleh PP Muhammadiyah.

“Keputusannya adalah waktu salat jadi mundur delapan menit. Kami akan ikuti aturannya di Kota Depok,” tuturnya saat dihubungi Radar Depok, Jumat (26/03).

Menurutnya, bisa saja azan tetap dilantunkan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, tinggal menyesuaikan waktu salatnya.

“Pada hakekatnya, kalau masjid kami mau azan sesuai dengan waktu yang sekarang itu tidak masalah. Apalagi sebagian orang di luar Muhammadiyah juga salat di kami. Yang penting tidak menimbulkan kegaduhan,” ucapnya.

Sampai hari ini, pelaksanaan salat subuh yang akan mundur delapan menit masih akan disosialisasikan kepada 25 masjid atau musala yang memang dimiliki ranting Muhammadiyah.

“Masih tahap sosialisasi, bagaimana teknisnya dan lainnya. Mungkin kalau secara resmi belum, namun perorangan sudah mulai melaksanakan peraturan baru tersebut,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya