Peserta JKN KIS
RASAKAN MANFAAT: Saryan, warga Kota Depok yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2016 lalu. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Manfaat Program JKN-KIS tidak dapat disangsikan lagi. Terbukti mayoritas masyarakat kini berobat menggunakan Kartu JKN-KIS. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang kronis sekalipun, pasien di fasilitas kesehatan didominasi oleh pasien JKN-KIS.

Salah satu peserta JKN-KIS telah merasakan manfaat berobat sebagai pasien JKN-KIS bersama dengan keluarganya. Saryan, warga Kota Depok yang telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2016 lalu. Saryan mengungkapkan Program JKN-KIS membuat ia dan keluarganya dapat berobat dengan baik tanpa terkendala biaya pengobatan. Tak hanya sekali, namun telah sering kali ia dan keluarganya terbantu berobat baik di Puskesmas maupun di rumah sakit.

“Terakhir kali istri saya menggunakan Kartu JKN-KIS untuk persalinan di Rumah Sakit Grha Permata Ibu. Saat itu, istri saya menjalani operasi caesar. Jadi biaya persalinannya pasti tidak sedikit. Tapi berkat Program JKN-KIS, kami tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Semua biaya dijamin dalam Program JKN-KIS,” ujar Saryan, Senin (15/02).

Lebih lanjut, Saryan mengungkapkan bahwa selain seluruh biaya pengobatan istrinya yang dijamin, ia juga dilayani dengan sangat baik. Menurutnya, dokter dan perawat sangat ramah dan cekatan dalam melayani istrinya. Sehingga pengobatan istrinya pun berjalan dengan lancar.

“Selama berobat sebagai pasien JKN-KIS, kami tidak pernah mengalami kendala. Pengobatan kami selalu berjalan dengan baik tanpa hambatan. Jadi kami selalu merasa nyaman berobat sebagai pasien JKN-KIS. Bahkan kami juga merasa tenang dengan adanya Program JKN-KIS ini, karena permasalahan biaya pengobatan jika kami sakit dapat teratasi dengan baik,” ujar Saryan.

Saryan pun mengucapkan terima kasih atas manfaat Program JKN-KIS yang selama ini telah ia dan keluarganya terima. Untuk itu, ia berkomitmen untuk terus mendukung agar Program JKN-KIS berjalan dengan baik.

Tentu dimulai dengan rutin dan tepat waktu membayar iuran. Ia juga mengajak kepada peserta lainnya untuk melakukan hal yang sama sebagai bukti dukungan terhadap Program JKN-KIS, sehingga program tersebut dapat terus dirasakan manfaatnya oeh masyarakat. (DT/mr)