SLB BCD Nusantara
TEKUN BELAJAR: Salah satu siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) BCD Nusantara  sedang serius belajar. FOTO: KHOIRUN NISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada pekerjaan, namun Pendidikan pun ikut terkena dampaknya. Salah satunya Sekolah Luar Biasa (SLB) BCD Nusantara.

Salah satu guru Sekolah Luar Biasa (SLB) BCD Nusantara, Silmi mengatakan tak hanya sekolah biasa yang harus melakukan pembelajaran jarak jauh. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pun melakukannya.

“Aplikasi yang digunakan hanya WhatsApp, dengan guru memberikn soal dan orangtua ABK mengeprint soal yang kemudian tugas dikerjakan oleh ABK dan dikirim melalui foto,” ucapnya kepada Radar Depok.

Soal yang diberikan oleh guru sesuai dengan kurikulum SLB, dan sesuai tingkatan atau kelas yang diajar. Membuat soal semudah mungkin agar dapat dipahami dan dimengerti anak didik.

Kemudian, membangun komunikasi sekolah dengan orang tua ABK, serta memberi kepercayaan orang tua dalam masa pandemi. Meski pun orang tua mendampingi anak dalam proses pembelajaran jarak jauh di rumah, tetap saja penilaian dari guru dalam segala perkembangan khususnya belajar lebih mengetahui dan memahaminya.

“Tak ada bedanya dengan sekolah biasa, pendidikan juga menjadi hak bagi ABK. Karena setiap anak memiliki masa depan dengan apa yang ditanam di masa kecilnya. Meskipun daya tangkap yang berbeda,” pungkasnya. (rd/mg8)

 

Jurnalis: Khoirun Nisa

Editor: M. Agung HR