Beranda Pendidikan SMK Al Muhtadin Helat Expo Campus Hadirkan 150 Peserta

SMK Al Muhtadin Helat Expo Campus Hadirkan 150 Peserta

0
SMK Al Muhtadin Helat Expo Campus Hadirkan 150 Peserta
EXPO CAMPUS: Koordinator BK kelas dua belas dan Alumni SMK Al Muhtadin mengadakan Expo Campus secara daring. SMK AL MUHTADIN FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COMSMK Al Muhtadin di Kelurahan/Kecamatan Cipayung Kota Depok, menggelar Expo Campus, Sabtu (13/3). Acara yang digagas Koordinator BK kelas XII dan Alumni SMK Al Muhtadin berhasil mengumpulkan 10 perguruan tinggi (PT) negeri maupun swasta dan 150 peserta secara daring. Dalam acara tersebut dibeberkan bagaiman cara daftar hingga persyaratannya.

Ketua Pelaksana Expo Campus, Muhammad Iqbal Fajar Islami menjelaskan, Expo Campus merupakan ajang promosi kampus. Kampus-kampus yang berpartisipasi biasanya menjadi wadah untuk tanya jawab mengenai kampus tersebut. Seperti, tentang syarat pendaftaran, kurikulum, jurusan yang tersedia dan juga fasilitas kampus.

Menurutnya, program Expo Campus yang diselenggarakan di SMK Al Muhtadin ini, baru pertama kalinya. Atas dasar inisiasi dari para alumni yang masuk perguruan tinggi negeri dan Koordinator BK Kelas XII serta difasilitasi sekolah bisa terlaksana.

Dengan minat dan antusiasi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Acara yang dilakukan menggunakan Zoom Meeting ini mendapat antusias dari kelas XII sebanyak 150 peserta. “Artinya, lulusan SMK tak semua melanjutkan ke dunia pekerjaan, ternyata yang berminat untuk kuliah juga banyak,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Sabtu (13/3).

Iqbal berharap, acara ini setiap tahunnya dapat terlaksana dan dilakukan secara offline. Itu agar lebih interaktif dan juga bisa terbuka untuk umum tak hanya untuk siswa SMK Al Muhtadin. “Kami para alumni merasa senang dengan antusias siswa, karena disini kami ingin berbagi juga menjadi bahan pelajaran, serta mengaplikasikan apa yang ada di kampus. Kami disini sebagai pelajar sebenarnya, seperti public speaking,” tuturnya.

Koordinator BK Kelas, Anindya Kusumaningtyas mengatakan, kedepannya acara Expo Campus ini ruang lingkupnya tak hanya sekitar Depok saja. Tetapi, Jabodetabek dan sekitarnya. Meskipun, SMK enam tahun lalu mungkin diprioritaskan setelah lulus kemudian bekerja. Lambat laun, pendidikan semakin penting untuk  mendaftar pekerjaan seperti ijazah S1. “Siswa smk tak kalah saing dengan siswa SMA negeri maupun swasta. Kami siap bekerja maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” tandasnya.

Perlua diketahui, acara ini dihadiri alumni yang kuliah di PTN seperti, Politeknik Keuangan Negara (STAN), Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Jenderal Soedirman, Politeknik APP Jakarta, Politeknik Negeri Media Kreatif, Universitas Veteran Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta dan dua kampus swasta yang mewakilkan jurusan yang ada di SMK Al Muhtadin seperti, Universitas Budi Luhur yang mewakili Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan LP3I mewakili Administrasi Perkantoran.(mg8)

Jurnalis : Khoirun Nisa

Editor : Fahmi Akbar