penyuluhan SMKN 2 Depok
SOSIALISASI : SMKN 2 Depok bekerjasama dengan Puskesmas Sawangan mengadakan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut E-Raport dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa pandemi, Selasa (30/03). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMKN 2 Depok bekerjasama dengan Puskesmas Sawangan mengadakan penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut, Selasa (30/03).

Selain itu, dalam kegiatan yang dihadiri siswa OSIS, Polisi Taruna (Poltar), dan siswa kelas XII tersebut, dijelaskan tentang E-Raport dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa pandemi.

Pemegang Program Ausrem di Puskesmas sawangan, Winaeni mengatakan, E-Raport kesehatan adalah program penjaringn online melalui aplikasi, dan khusus untuk kalangan siswa. Jadi, dalam aplikasi tersebut, siswa bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut dengan menggunakan NISN-nya.

“Kami memang sedang keliling ke sekolah-sekolah untuk memberikan penyuluhan gigi dan mulut, serta E-Raport kesehatan siswa,” terangnya.

Wina menuturkan, ini adalah bagian dari program Unit Kegiatan Sekolah (UKS) sekolah, mulai dari jenjang SD, SMP, sampai SMA bahkan untuk madrasah. Nantinya, tidak hanya siswa yang memiliki akun di aplikasi tersebut, tetapi sekolah juga memiliki akun.

“Di aplikasi tersebut ada data tinggi badan, berat badan, siswa juga mengunggah foto mulut dan giginya. Nantinya, petugas dari puskesmas akan memberikan catatan dari unggahan foto tersebut,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kesiswaan SMKN 2 Depok, Umi Fadhilah menuturkan, karena masih dalam suasana pandemi, jadi siswa yang hadir pun terbatas. Siswa yang lainnya mengikuti penyuluhan dengan sistem online.

“Informasi yang disampaikan sangat penting, jadi semua siswa harus mengikuti meski dengan cara online,” tuturnya. (rd/peb)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya