pendongeng sukmajaya
JUARA : Pemberian Hadiah bagi Juara 1-3 Kakak/Adik Pendongeng, Sabtu (27/03). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Kompetisi mendongeng yang digelar Pokja 2 PKK Kecamatan Sukmajaya berkolaborasi dengan Dongeng Lagi Dong, Ruang Baca Sarang Buku, Forum Anak Kecamatan, dan Sangkar Semut akhirnya menghasilkan kakak dan adik pendongeng. 

Juara Satu Kakak Pendongeng Kecamatan Sukmajaya diraih Amr Ibrahimovic Al-Amri (15), sedangkan untuk juara satu Adik Pendongeng diraih Haura Gazala Mukhsin (9).

Amr warga mengungkapkan rasa syukur telah memperoleh predikat Kakak Pendongeng tingkat kecamatan.

Untuk memperebutkan predikat tersebut, dirinya membawakan dongeng fabel kelinci yang kabur dari rumah karena cemburu dengan adik barunya.

“Rasanya seneng banget dan bangga bisa jadi juara,” katanya kepada Radar Depok, Sabtu (27/03).

Ia mengaku, sudah menyukai cerita dongeng sejak kecil. Orang tuanyayang mendorong dirinya untuk gemar membaca.

“Dari kecil suka dibeliin ayah buku dongeng, jadinya saya suka baca,” bebernya.

Sementara itu, Haura warga Kelurahan Cisalak yang menjadi juara satu Adik Pendongeng, membawakan kisah cerita rakyat Riau “Si Lantang” membawanya menjadi juara kategori Adik Pendongeng Kecamatan Sukmajaya. Kecintaannya terhadap literasi baru timbul sejak ada lomba di sekolah dan Kecamatan Sukmajaya.

“Seneng rasanya. Aku bawain cerita itu sewaktu lomba,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Bunda Literasi Kecamatan Sukmajaya, Yulia Oktavia mengatakan, hadirnya Kakak dan Adik Pendongeng ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak dan keluarga lainnya untuk bisa tertular sisi positif dari literasi.

“Semoga ini bisa menjadi suatu kebiasaan dan akhirnya membawa orang tua akhirnya tertuntut dari hatinya untuk bisa melakukan komunikasi yang baik kepada anak-anak melalui dongeng,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya