Beranda Satelit Depok Tugu Targetkan Satu Rumah Satu Lubang Biopori

Tugu Targetkan Satu Rumah Satu Lubang Biopori

0
Tugu Targetkan Satu Rumah Satu Lubang Biopori
SINERGI : Luanching pembuatan lubang resapan biopori di RW 14 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Senin (29/03). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TUGU – Mensuskeskan program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis mendorong masyarakatnya untuk membuat lubang resapan biopori di rumahnya masing-masinig.

Lurah Tugu, Tono Hendratno Hasan menuturkan, di RW 14 sudah dibuat delapan lubang resapan biopori.

“Dengan kedalaman kurang lebih 60 cm, yang hari ini kami lakukan di RW 14, nantinya secara berkelanjutan akan dilakukan di 19 RW yang ada di Kelurahan Tugu,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (29/03).

Lebih lanjut, Tono mengatakan, Kecamatan Cimanggis menargetkan  sekitar 1.700 lubang biopori untuk enam kelurahan.

“Tetapi, kami di Tugu mendorong untuk masyarakat di 19 RW dan 172 RT yang ada, dapat membuat lubang resapan biopori ditiap rumah,” terangnya.

Karena baginya ini bukan sekedar program pemerintah saja, tetapi ini harus menjadi program bersama yang dilakukan secara mandiri dan swadaya.

“Nantinya akan kami monitoring ke tiap lingkungan untuk memastikan program ini sudah dilaksanakan dengan baik. Karena biopori ini memiliki banyak fungsi, salah satunya mengurangi genangan dan memaksimalkan air yang meresap ke tanah,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fausiah

Editor : Pebri Mulya