Beranda Metropolis Ajak Teladani Sosok Kartini

Ajak Teladani Sosok Kartini

0
Ajak Teladani Sosok Kartini
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Berkat jejak Kartini yang memperjuangkan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ hingga saat ini perempuan menjadi bisa melihat dan merasakan keberadaan perempuan yang sebenarnya.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, apa yang sudah dilakukan oleh Kartini merupakan bagian perjuangan perempuan yang saat ini bisa dilihat dan dirasakan bersama.

“Seperti ada dokter perempuan, polisi wanita, dan sebagainya. Semua peran-peran itu bisa melakukan serta membawa kebaikan di masyarakat,” tutur Elly kepada Radar Depok, Rabu (21/4).

Elly menilai, Kartini akan lebih bangga ketika semua perempuan bisa berperan dalam masyarakat, atau berparas sesuai tugas dan jabatan yang dilakukan. “Namun, tidak melupakan kesejukan yang hadir di rumah cinta, yaitu keluarga,” lanjut Elly.

Peringatan Hari Kartini yang jatuh bersamaan dengan Ramadan diharapkan agar perempuan bisa semakin mendekatkan diri kepada Sang Kuasa. Karena pesan-pesan Kartini juga ada di surat-surat cintanya untuk stela, yaitu ingin Kartini memahami, melaksanakan agamanya. “Agar bisa maksimal menjadi seorang perempuan yang dekat dengan Tuhannya,” ucap Elly.

Kemudian, di masa pandemi Covid-19 harus bisa disikapi secara positif. Menurutnya, pada keadaan pandemi tidaklah bernuansa negatif. “Di balik musibah ada banyak pesan-pesan cinta yang Allah berikan kepada kita. Agar kuat dari sisi keimanan, fisik dan lainnya,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, makna Kartini yaitu bagaimana perempuan bisa berkiprah dalam pembangunan sesuai potensi yang dimilikinya. Nessi berharap perempuan di Kota Depok bisa terus berkarya dalam kehidupan, baik di dalam keluarga maupun di masyarakat.

“Dari para perempuan inilah, kami harapkan lahir keluarga-keluarga yang hebat. Sehingga ketahanan keluarga di Depok bisa terwujud,” tutur Nessi kepada Radar Depok.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widiyatti mengatakan, sosok Kartini di masa sekarang harus banyak sabar dan juga ikhlas, serta harus bisa berjuang. “Kartini juga seorang pejuang, maka kami sebagai perempuan harus bisa berjuang. Entah di dalam rumah tangga maupun di lingkungan kerjanya,” tutur Nuraeni.

Kemudian, dia berharap, sosok Kartini yang dimiliki perempuan adalah yang bisa menjadi pribadi baik, sehingga menjadi contoh tauladan bagi orang lain. “Selain jiwa pemimpinnya ada, perempuan juga harus bisa menjadi contoh bagi banyak orang,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny mengatakan, Kartini merupakan perempuan tangguh yang dapat menjadi panutan banyak orang. Bahkan, di tengah pandemi ini, dirinya sebagai perempuan harus bisa menjalankan tugasnya serta berjuang membawa semangat untuk Kota Depok dalam memerangi Covid-19.

“Semangat Kartini bisa terus ditingkatkan dalam berkarya bagi perempuan Indonesia. Dan mengabdi untuk negeri, serta bermartabat bagi negara,” tutur Lienda kepada Radar Depok.

Lienda berharap, semoga para perempuan Indonesia terlebih lagi yang bertugas di Satpol PP bisa selalu diberikan kekuatan untuk berkarya.

“Serta bisa bertugas tanpa kenal lelah, waktu, namun tetap bisa bermartabat dalam keluarga,” pungkas Lienda. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR