mudik
CEK : Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana saat meninjau Terminal Jatijajar. IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Jajaran Polres Metro Depok bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Depok akan melakukan penyekatan pada sejumpah titik, guna mengantisipasi kebijakan dilarang mudik.

Kasat lantas Polresto Depok, AKBP Andi Indra Waspada mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021, atas kebijakan dilarang mudik. Maka pihaknya bersama dishub akan melakukan penyekatan. Ada tiga titik penyekatan dan lima check point.

Tiga titik tersebut, antara lain perbatasan wilayah Depok menuju Bogor, yaitu di Jalan Raya Bogor tepatnya di depan Pom Bensin Cilangkap. Kedua, di Jalan Raya Sawangan arah Tapos. Dan yang ketiga di Bojong Gede,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (23/4).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, penyekatan sendiri dilakukan untuk filterisasi dan persiapan pemutar balikan kendaraan yang akan mudik. Polresto Depok akan mengerahkan sepertiga dari personelnya yang ada.

Kami juga bekerjasama dengan dishub, Satpol PP, serta dinkes,” jelasnya.

Selain pos penyekatan, dia menjelaskan, terdapat juga pos check point yang terdiri dari lima pos, yang berguna untuk mengecek berkaitan dengan protokol kesehatan. “Jadi, kami punya tiga pos penyekatan dan lima pos check point,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, berdasarkan data per Jumat (23/4), terdapat kenaikan penumpang di Terminal Jatijajar

Berdasarkan pantauan kami, dari pagi ada pergerakan meningkat. Yang biasanya jumlah penumpang 300 per hari, hari ini ada 350,” tuturnya.

Berdasarkan pengamatan Dishub Kota Depok, wilayah tujuan Jawa Tengah cukup padat dan sudah 40 persen dari kuota bus terisi. “Kami belum bisa memastikan mereka mudik atau bagaimana, yang pastinya pulang,” pungkasnya. (rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Junior Williandro