Muallim Harahap Peserta JKN KIS
TUNJUKKAN KARTU JKN-KIS: Muallim Harahap menunjukkan kartu JKN-KIS. Ia merupakan salah satu penerima manfaat program JKN-KIS. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Manfaat Program JKN-KIS tidak hanya diperuntukkan kepada masyarakat yang telah lama menjadi peserta program tersebut, namun masyarakat yang baru mendaftar pun dapat menerima manfaat Program JKN-KIS. Salah satu contohnya yaitu keluarga Muallim Harahap yang baru menjadi peserta JKN-KIS pada bulan januari 2021 lalu.

Muallim mengungkapkan bahwa ia dan keluarganya baru menjadi peserta JKN-KIS sekitar satu bulan. Meski demikian, istrinya sudah terbantu melakukan operasi caesar untuk persalinan buah hatinya di rumah sakit Bhayangkara Brimob.

“Saya dan keluarga baru terdaftar pada tanggal 8 (delapan) Januari lalu. Tapi istri saya sudah langsung dibantu untuk operasi. Saya merasa sangat bersyukur. Padahal kami baru membayar iuran sebanyak 2 (dua) kali, tapi sudah dibantu untuk operasi caesar yang tentu biayanya tidak sedikit. Bisa mencapai puluhan juta rupiah,” ujar Muallim, Jumat (26/2).

Lebih lanjut, Muallim juga mengungkapkan bahwa meskipun merupakan peserta JKN-KIS baru, namun istrinya dilayani dengan sangat baik. Dokter dan perawat cukup ramah dan gesit membantu istrinya. Bahkan fasilitas sarana dan prasarana yang digunakan istrinya juga sangat memadai. Alhasil operasi istrinya berjalan dengan lancar.

“Awalnya cukup khawatir dilayani seadanya karena merupakan peserta baru, tapi ternyata pelayanannya sama bagusnya. Tidak ada perbedaan peserta baru dengan peserta lama. Semua dilayani dengan bagus. Bahkan jika dibandingkan dengan pasien umum atau pasien asuransi swasta yang berbiaya mahal, pelayanannya juga sama saja,” ujar Muallim.

Meskipun istrinya menjalani operasi dan dilayani dengan baik, Muallim mengaku bahwa semua biaya pengobatan istrinya dijamin oleh Program JKN-KIS. Bahkan termasuk biaya operasi. Alhasil, ia tidak perlu mengeluarkan biaya lagi dari kantong pribadinya untuk biaya pengobatan.

“Kami sangat senang karena tidak ada satu sen pun uang yang kami keluarkan dari kantong pribadi untuk biaya pengobatan. Semua biaya pengobatan dijamin, mulai masuk rumah sakit sampai keluar rumah sakit,” ujar Muallim.

Muallim mengucapkan terima kasih atas manfaat Program JKN-KIS yang keluarganya telah terima. Ia pun berharap agar Program JKN-KIS terus dikembangkan, sehingga semua masyarakat bisa berobat dengan baik tanpa kendala. (DT/mr)