bazar bojongsari
DIRESMIKAN : Sekretaris Kecamatan Bojongsari, Dzikri Dwi Darmawan bersama Lurah Bojongsari, Ilham dan pengurus Paguyuban UMKM Bombastis Kelurahan Bojongsari, sedang melakukan prosesi gunting pita pembukaan bazar. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Aparatur di Kecamatan Bojongsari, mendukung pergerakan pelaku UMKM di Kelurahan Bojongsari, yang mencoba bangkit dari terpaan pandemi Covid-19. Dukungan itu ditunjukan dengan memfasilitasi pelaku UMKM dalam mengadakan bazar di areal instansi pemerintahan di seluruh wilayah Kecamatan Bojongsari.

Sekretaris Kecamatan Bojongsari, Dzikri Dwi Darmawan mengatakan, memasuki tahun ke dua pandemi Covid-19 ini, pihaknya akan mencoba mendukung penggalian potensi ekonomi yang ada di warga Bojongsari.

Setiap potensi kita fasilitasi dan kembangkan, apalagi ini momentum Ramadan, bagus sekali untuk memperkenalkan potensi Bojongsari ke masyarakat,” kata Dzikri, saat meresmikan Bazar UMKM Bombastis, Kelurahan Bojongsari, di halaman kantor Kelurahan Bojongsari, Senin (19/4).

Dia mengungkapkan, selain memafisilitasi pelaku UMKM, pihaknya juga terus mengimbau agar protokol kesehatan (Prokses) selalu diutamakan dalam kegiatan ekonomi. Hal ini guna mencegah munculnya klaster baru penularan Covid-19.

Kami juga mengimbau lurah setempat dan panitia penyelenggara untuk terus menjaga Prokes selama kegiatan bazar, jangan sampai ada penumpukan maupun kerumunan masyarakat di lokasi,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Plt Lurah Bojongsari, Ilham, mengaku bangga atas kreatifitas dan inisiatiif Paguyuban UMKM Bombastis, Kelurahan Bojongsari. Menurutnya, dengan dibuatnya bazar itu akan menjadi perangsang bagi potensi ekonomi lain yang ada di sana untuk muncul ke permukaan, dan meramaikan perekonomian di sana.

Kami mendukung dan akan mengawal UMKM dalam menjalankan roda perekonomian di Bojongsari,” bebernya.

Senada dengan Ilham, Ketua Iwapi Kecamatan Bojongsari, Eis Rahmata juga bangga akan bazar tersebut. Menurutnya, dengan dilakukan bazar itu geliat ekonomi di sana akan kemabli bangkit, setelah sekian lama terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Saya lihat, potensi perekonomian UMKM di Kelurahan Bojongsari sangat bagus. Mereka tahu pasar apa yang lagi marak sekarang, khususnya makanan frozen yang banyak dibutuhkan masyarakat saat pandemi ini,” tuturnya.

Dia juga mendorong agar di sana bisa muncul generasi muda pelaku UMKM di sana, sehingga kedepannya akan muncul pengusaha-pengusaha besar disana. “Kalau dari muda sudah berwirausaha, Insya Allah kedepannya usahanya akan semakin maju,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban UMKM Bombastis Bojongsari, Hamidah mengatakan pihaknya senang bisa mengadakan bazar di Ramadan ini. Sebab, sebelumnya mereka sama sekali kesulitan dalam membuat sebuah perhelatan akbar akibat pandemi ini.

Dia mengungkapkan, dalam bazar ini ada 20 stand yang disediakan, rata-rata diisi pelaku UMKM dari komoditi kuliner, handcraft, fashion, tanaman hias, dan ikan hias. Kita buka puluhan stand, alhamdulillah sudah terisi penuh,” bebernya.

Dia menambahkan, bazar itu akan dibuka sampai 3 Mei mendatang. Untuk jam operasional, bazar tersebut akan buka mulai pukul 15:00 – 18:00 WIB, setiap harinya.

Bagi warga yang mau cari takjil atau pakaian untuk lebaran, bisa datang ke bazar yang kami buat di halaman kantor Kelurahan Bojongsari,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro