target bojong pondok terong
SINERGITAS : Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, plt Camat Cipayung, dan Lurah Bojong Pondok Terong membuat LRB. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONG PONDOK TERONG – Kelurahan Bojong Pondok Terong menargetkan Lubang Resapan Biopori (LRB) di wilayahnya 1.000 lubang per RW.

Lurah Bojong Pondok Terong, Suryana mengatakan, di wilayahnya ada 13 RW dan 91 RT. Rinciannya, tiap RW minimal membuat 1.LRB.

“Apabila setiap RW membuat minimal 1.000, maka Bojong Pondok Terong akan memiliki 13.000 lubang biopori. Untuk saat ini sementara pasif dulu. Insyaallah setelah lebaran aktif lagi,” katanya kepada Radar Depok, (21/04).

Pelaksanaan pembuatan lubang biopori tersebut, sesuai dengan arahan dan teknis dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memberikan banyak manfaat terhadap lingkungan. Disamping sebagai resapan air, juga dapat digunakan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.

“Ini juga menjadi kebutuhan masyarakat, resapan air itu disamping pengendalian banjir, juga menjaga konservasi daya dukung dan daya rampung lingkungan. Alhamdulillah masyarakat sudah aktif membuat LRB sebelum lomba,” bebernya.

Dia menambahkan, pihaknya memberikan dorongan kepada partisipasi masyarakat agar secara masif dengan memberikan pinjaman alat manual untuk membuat lubang biopori.

“Diharapkan pengurus lingkungan lainnya yang belum bergerak dalam pengadaan LRB ini bisa segera melaksanakannya. Untuk saat ini yang sudah membuat LRB ada di RW 3, 4, dan 7,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya