PKK Alat Kontrasepsi
CERIA: Ketua TP-PKK Kota Depok, Bunda Elly Farida, didampingi Kepala DPAPMK, Nessi Annisa Handari berfoto bersama kader PKK usai menyerahkan alat kontrasepsi, kepada pengunjung Pasar Sukatani, Rabu (21/4). FOTO: LUTVIATUL FAUZIAH/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memperingati Hari Kartini, Pemerintah Kota Depok, mengadakan pelayanan kontrasepsi serentak dan pelayanan kesehatan, di Pasar Sukatani, Kecamatan Tapos, Rabu (21/4).

Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida sangat mengapresiasi kegiatan yang dicanangkan oleh Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) yang berkolaborasi dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, serta Dinas Kesehatan di Hari Kartini.

“Tepat 21 April ini, kami ingin memberikan yang terbaik bagi ibu-ibu yang datang ke pasar dengan layanan Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan yang disediakan,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (21/4).

Baginya, dengan perayaan Kartini ini semakin bisa memberdayakan masyarakat dan tidak melupakan tugas inti keluarga untuk ketahanan keluarga di Kota Depok.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, ini merupakan usaha untuk penjangkauan KB di semua lokasi Pemkot Depok.

“Baik itu di Puskesmas, klinik-klinik dan hari ini juga kami coba untuk melakukan pelayanan di Pasar Sukatani.Harapannya adalah kami bisa mendekatkan diri dengan para pasangan usia subur untuk bisa mendapatkan informasi terkait KB dan mendapatkan alat kontrasepsi,” jelasnya.

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, pada pelayanan hari ini pihaknya hanya bisa melayani untuk pengambilan pil KB, untuk pelayanan yang lainnya itu disarana kesehatan.

“Karena tentunya butuh sarana yang sesuai dengan standar kesehatan, sehingga disini yang dilayani adalah untuk ibu-ibu yang memang setia menggunakan pil KB,” ujarnya.

Nessi melanjutkan, dalam kesempatan ini tidak ada target atau batas maksimal yang ditentukan untuk pemberian pil KB. “Sebanyak mungkin, yang memang sesuai dengan kriteria sasarannya akan kami berikan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, dari Dinkes melakukan pelayanan kesehatan gula darah dan kolesterol kepada pengunjung di Pasar Sukatani. “Harapan kami mudah-mudahan setiap pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintahan Kota Depok bisa betul-betul sampai di masyarakat, sehingga masyarakat bisa merasakan semua upaya-upaya pemkot dalam memberikan pelayanan khususnya adalah dalam rangka penguatan ketahanan keluarga,” terangnya.

Sementara, salah satu masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini, Annisa sangat senang dan merasa terbantu. “Saya memang lagi di pasar, tidak tahu ada kegiatan seperti ini. Dan kebetulan saya menggunakan pil KB, sehingga langsung ikut partisipasi,” tuturnya.

Dirinya mengharapkan, bahwa kegiatan seperti ini dapat dibuat secara berkelanjutan untuk membantu masyarakat di Kota Depok.  “Karena ini merupakan kegiatan yang baik, tentu kami berharap dapat berkelanjutan. Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Walikota dan yang telah menyelenggarakan kegiatan seperti ini,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis: Lutviatul Fauziah

Editor: M. Agung HR