cuaca
WASPADA CUACA : Suasana Perkotaan di Jalan Raya Margonda dengan latar belakang langit yang mendung. BMKG meminta masyarakat serta pengendara wajib waspada selama melakukan aktifitas. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Masyarakat Depok wajib bersiaga. Sebab dalam prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikal (BMKG) Pusat, akan terjadi intensitas hujan sedang yang akan terjadi pada siang hari.

Kabag Humas BMKG Pusat, Akhmad Taufan menjelaskan, dari hasil prakiraan tersebut, suhu di Kota Depok 20 hingga 30 derajat celsius, dengan kelembapan udara sekitar 65 sampai 95 persen. “Ini prakiraan. Tapi anitisipasi tetap harus dilakukan. Terutama bagi yang beraktifitas, apalagi di luar ruangan,” katanya kepada Harian Radar Depok, Kamis (29/4).

Dilanjutkan Taufan, peralihan cuaca dari hujan menuju kemarau wajib diwaspadai sebab tekanan angin sedang kencang, salah satunya dampak dari iklim tropis seroja yang masih terus dipantau.

BMKG juga meminta kepada seluruh pihak terkait, baik penanggulangan bencana, tagana, serta relawan yang bergerak di bidang kemanusiaan serta lingkungan untuk terus berkoordinasi memantau perkembangan cuaca. “Harus aktif mencari informasi cuaca. Petugas juga harus aktif berkoordinasi, ini untuk jaga-jaga,” jelasnya.

Dilokasi terpisah, Koordinator Tagana Kota Depok, Romdoni menegaskan, selama ini pihaknya selalu stand by di berbagai titik yang rawan bencana. Setiap titik disiapkan lima hingga enam personel. “Itu baru dari taruna tagana, kan ada teman lainnya,” tambahnya.

Dia menyampaikan, Insha Allah akan siap dalam mengantisipasi bencana saat peralihan musim seperti ini. Komunikasi secara intens juga selalub dijaga petugas melalui jejaring media sosial. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar