Beranda Politika Hari Kartini di Pusara Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Hari Kartini di Pusara Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

0
Hari Kartini di Pusara Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak
Ketua DPK PRIMA Kota Depok, Novi Anggriani. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Peringatan Hari Kartini 2021 dibayangi dengan masih adanya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Karena itu, Ketua  Dewan Pengurus Kota Partai Rakyat Adil Makmur (DPK PRIMA) Kota Depok, Novi Anggriani menyerukan untuk stop kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Novi menungkapkan, Sejak pandemi virus Corona atau Covid-19 mewabah di Indonesia, angka kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Depok meningkat. Bahkan, berdasarkan data Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, periode Januari 2020 hingga Desember 2020  ada 161 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dilaporkan masyarakat ke Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA).

“Angka tersebut mengalami kenaikan dari periode 2019, di mana terdapat 117 laporan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkap Novi kepada Radar Depok.

Karenanya, politikus yang concern terhadap perlindungan perempuan dan anak ini mengharapkan agar momen peringatan Hari Kartini 2021 dijadikan momentum untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Apapun alasannya, itu tidak dibenarkan dalam agama maupun hukum yang berlaku di Indonesia. Karena itu, saya menyerukan untuk stop kekerasan terhadap perempuan dan anak,” tegas Novi.

Novi yang juga Ketua NADI Center ini mengharapkan seluruh elemen masyarakat berkolaborasi mewujudkan hal tersebut. Sehingga, dapat menekan atau bahkan sampai menghilangkan kasus kekerasan terhadap anak.

Selain itu, sambung Novi, para penyintas juga perlu mendapat perhatian khusus. Sebab, mereka tentu akan mengalami trauma dan perlu diberikan trauma healing agar bisa kembali ceria seperti sedia kala.

Ia pun mengucapkan terima kasih karena Pemkot Depok melalui DPAPMK memberikan perhatian serius terhadap penyintas dan keluarga maupun orang-orang yang terdampak, yang berada di sekitar korban.

“DPAPMK memberikan bantuan bukan hanya bukan korban saja, keluarga yang terdampak secara psikologis juga dibantu. Ini merupakan langkah maju,” ucapnya.

Tak lupa, Novi pun mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan hebat di Indonesia dan umumnya di Kota Depok. Bahkan, ia pun mengajak kaum hawa untuk bergabung memperjuangkan hak-hak mereka melalui PRIMA.

“Mari berkolaborasi dengan kami, PRIMA akan membawa pembaharuan dan kebaikan untuk Kota Depok,” pungkas Novi. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah