peci abdul haris
Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Harris Bobihoe

RADARDEPOK.COM, DEPOK – 2 April diperingati sebagai Hari Buku Anak sedunia. Namun, Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Abdul Harris Bobihoe menilai saat ini anak cenderung lebih suka bermain gadget ketimbang membaca buku.

Sehingga, wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini meminta agar orang tua membatasi anaknya bermain gadget dan lebih mengarahkan untuk membaca buku, khususnya buku anak.

“Sekarang jaman sudah sedemikian canggih, informasi ada digenggaman dengan gadget. Bahkan, bisa bermain game. Tapi, justru ini yang berbahaya bagi anak. Harusnya anak diarahkan untuk bermain dengan teman sebaya, membaca buku, tidak terfokus dengan gadget saja,” kata Harris.

Terlebih, sambung dewan yang ramah dan murah senyum ini mengungkapkan, 2 April diperingati sebagai Hari Buku Anak sedunia. Namun, kata dia, gaungnya tidak begitu megah di Indonesia. Padahal, hal tersebut menjadi momentum positif bagi tumbuh kembang anak.

“Jadi Hari Buku Anak Sedunia pertama kali diresmikan oleh International Board on Books for Young People (IBBY) di tahun 1967. Peringatan tersebut dirayakan setiap tanggal 2 April untuk mengenang Bapak dongeng sedunia, yakni Hans Christian Andersen yang lahir pada tanggal yang sama,” katanya.

Dia berharap dengan adanya peringatan ini, diharapkan dapat membantu mengembangkan pola pikir dan meningkatkan literasi anak sebagai penerus generasi Bangsa.

“Untuk itu, mari kita ajak anak-anak Indonesia menyambut Hari Buku Anak Sedunia dengan membiasakan membaca buku sejak usia dini,” pungkasnya. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah