Beranda Utama Ingin Punya Pelat Nomor Kendaraan yang Unik, Ini Biaya yang Disiapkan

Ingin Punya Pelat Nomor Kendaraan yang Unik, Ini Biaya yang Disiapkan

0
Ingin Punya Pelat Nomor Kendaraan yang Unik, Ini Biaya yang Disiapkan
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM – Memiliki pelat nomor kendaraan yang cantik dan unik jadi kebanggaan tersendiri. Itu bisa diwujudkan, dengan memesan pelat nomor tersebut, namun akan dikenakan biaya.

Selain dikenakan biaya pajak, administrasi pengesahan Surat Tanda Nomor Kendraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) juga diperlukan.

Selain itu penerbitan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB), pemilik kendaraan juga harus membayarkan sejumlah biaya sesuai dengan tarif Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sesuai tarif yang telah ditetapkan.

Kabar baiknya, pemilihan pelat nomor cantik tidak hanya bisa dilakukan kendaraan baru. Kendaraan lama yang sebelumnya sudah punya pelat nomor kendaraan bisa melakuka pergantian saat penerbitan NRKB baru, atau yang biasa dilakukan pada saat pajak lima tahunan atau balik nama.

Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 tahun 2020 yang ketentuannya sebagai berikut :

– NRKB pilihan satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000. Ada huruf di belakang Rp 15.000.000.

– NRKB pilihan dua angka. Tidak huruf di belakang Rp 15.000.000. Ada huruf di belakang Rp 10.000.000

– NRKB pilihan tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. Ada huruf di belakang Rp 7.500.000

– NRKB pilihan empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang Rp 5.000.000 Aturan

Sementara ada sejumlah ketentuan juga yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan dengan pelat nomor pilihan.

Hal ini tertuang dalam keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016, 30 Desember 2016, antara lain:

– NRKB pilihan berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.

– NRKB pilihan tetap berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

– Masa berlaku KRKB pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB Pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes.

– Perpanjang NRKB Pilihan dilakukan bersama dengan perpanjang STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK.

– Apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB Pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama lima tahun. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya