Beranda Metropolis Intip Inovasi Masjid Al Ihsan Pondok Jaya : Terinspirasi Jogokariyan, Inovasikan 75 Lampion

Intip Inovasi Masjid Al Ihsan Pondok Jaya : Terinspirasi Jogokariyan, Inovasikan 75 Lampion

0
Intip Inovasi Masjid Al Ihsan Pondok Jaya : Terinspirasi Jogokariyan, Inovasikan 75 Lampion
INOVASI : Jalan Pirus Raya tampak cantik dengan puluhan lampu lampion, inovasi DKM Masjid Al Ihsan, RT9/7 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Senin (19/4). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

Bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi setiap umat muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Berbagai cara dilakukan. Salah satunya, mempercantik rumah ibadah dengan kelap kelip lampion cantik.

Laporan : Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOK.COM, Memasuki Perumahan Permata Depok menuju waktu berbuka. Belasan anak-anak tampak berlari membawa sarung. Sementara beberapa orang tua mulai menapaki Jalan Pirus Raya menggunakan payung. Hujan turun berangsur deras.

Mereka menuju Masjid Al Ihsan RT9/7, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Begitu hampir sampai, mereka disambut oleh cahaya cantik terdiri dari tiga warna, merah, oranye, dan biru.

Cahaya itu berasal dari lampion berbentuk balok berdiri yang menggunakan lampu LED 10 watt. Sengaja dengan watt rendah, agar bisa menghemat energi listrik.

Tak lama kemudian, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Ihsan, Budiyanto sesekali keluar dari bangunan rumah ibadah itu. Mengecek satu persatu lampion yang berjejer tengah menyala.

“Lampion ini terinspirasi dari Masjid Jokokariyan, Yogyakarta. Di 2017, menggunakan dua unit bus, DKM menggelar studi banding kesana,” ujarnya.

Dari situlah, DKM melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari dana pengadaan lampion, hingga pemasangan. Bersama Linmas, akhirnya 75 lampion sudah terpasang dan menyala. Pemasangannya memakan dana sebesar Rp6.5 juta.

“Ini kami beli (lampu). Sudah sekitar dua tahun terpasang. Tujuannya suasana masjid jadi terasa semarak dan syiar Ramadannya,” bebernya.

Hadirnya lampion ini juga menjadi daya tarik jamaah lain. Contohnya Ramdani, warga Kelurahan Bojong Pondok Terong berusia 25 tahun ini, sedang menikmati indahnya gemerlap lampion yang menghiasi jalanan dari dalam masjid.

“Bagus konsepnya. Saya disini tadinya sengaja berteduh. Satu sisi karena lampu lampion, menarik perhatian saya,” tutup Ramdani. (*)

Editor : Junior Williandro