SIDAK : Anggota Dewan Komisi B Fraksi PKS dan Lurah Curug melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), kepada Pabrik yang ada di lingkungan Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis.FOTO:ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Tiga pabrik di wilayah Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis di lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), karena tiga pabrik tersebut memilki peluang untuk membuang limbah ke Situ Rawa Kalong, Jumat (23/4).

Anggota DPRD Komisi B Fraksi PKS, Ade Supriatna menuturkan, tiga pabrik tersebut antara lain, PT PSI, Triple Ace dan Artolite. Tiga pabrik tersebut memiliki saluran pembuangan ke Situ Rawa Kalong.

“Dua diantaranya memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang masih beroperasi. Secara normatif dan prosedur mereka berkoordinasi dan lapor kepada DLHK Depok secara berkala,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (23/4).

Namun, ketiganya punya peluang untuk mencemari situ. Tetapi Ade menjelaskan, sejauh ini belum ada bukti ‘tangkap tangan’ yang ditemukan saat Sidak.

“Saya meminta kerjasama masyarakat dan Pokdarwis Curug untuk mengawasi betul outlet saluran masing-masing pabrik yang terdapat di Situ Rawa Kalong, untuk menemukan bukti yang tidak terbantahkan lagi,” ujarnya.

Setelah dilakukan sidak, pihaknya akan konfirmasi ke DLHK terkait kondisi IPAL dan kedisiplinan prosesnya.

“Ketiga pabrik tersebut kita minta komitmennya untuk bersama masyarakat menjaga kualitas air Situ,” terangnya.

Sementara, Lurah Curug, Bambang Eko yang turut serta melakukan Sidak mengatakan, tindakan ini sifatnya sosialisasi kepada yang bertanggung jawab di pabrik tersebut.

“Untuk masalah IPAL, kami serahkan kepada pihak DLHK yang lebih berwewenang untuk menangani,” tuturnya.

Baginya, pemangku wilayah hanya membantu mengawasi serta memberikan himbauan agar tidak membuang limbah ke Situ Rawa Kalong.

“Karena Situ Rawa Kalong ini, akan dijadikan sebagai destinasi wisata. Untuk itu harapan kami, Situ tidak tercemar oleh limbah,” tandasnya.(rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Febrina