Beranda Metropolis Irda Depok Rancang Aplikasi Konsultasi

Irda Depok Rancang Aplikasi Konsultasi

0
Irda Depok Rancang Aplikasi Konsultasi
Kepala Irda Kota Depok, Firmanuddin. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna mengefektifkan peranan konsultasi bagi Perangkat Daerah (PD), Inspektorat Daerah (Irda) Kota Depok sedang merancang sebuah aplikasi pengaduan atau aplikasi khusus konsultasi.

Terkait hal itu, Kepala Irda Kota Depok, Firmanuddin mengatakan, efektifitas peran audit bisa ditandai dengan dua hal. Pertama, peran konsultasi. Kedua, peran pengawasan atau pemeriksaan.

“Dua-duanya harus efektif. Tentunya kami tidak ingin permasalahan menjadi menumpuk atau menunggu banyak, inshaAllah tahun ini kami akan launching aplikasi atau perangkat untuk konsultasi,” tuturnya kepada Radar Depok, Rabu (21/4).

Firmanuddin mengungkapkan, nantinya setiap ada permasalahan yang dihadapi Perangkat Daerah (PD), kapan pun bisa ditanyakan ke Inspektorat. Apabila selama ini hanya menggunakan surat atau harus datang langsung, maka nanti bisa melalui aplikasi saja.

“Aplikasi yang dibangun ini untuk mendekatkan kami ke PD. Sehingga ketika terdapat permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan atau penggunaan anggaran, bisa dikonsultasikan ke kami. Daripada ditemui oleh eksternal auditor atau dalam hal ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), lebih baik dikonsultasikan ke kami, yaitu pengawas internal,” jelasnya.

Firmanuddin mengaku, saat ini skema aplikasi sudah dibuat, hanya masih saja perlu dikonsultasikan detail-detailnya. Dalam hal ini, Irda Kota Depok mengonsultasikannya ke Inspektorat Provinsi DKI Jakarta.

“Karena, Provinsi DKI Jakarta sudah lebih dulu menggunakan aplikasi sejenis ini. Maka dari itu, tidak ada salahnya kami belajar dari mereka,” sambungnya.

Dia berharap, aplikasi yang belum diberi nama ini bisa segera dilaunching, khususnya di tahun ini. Terlebih lagi, saat ini Walikota Depok, sudah mendukung aplikasi ini untuk diluncurkan. “Karena kami berbeda dengan eksternal auditor, kami akan fokus terhadap pengawasan yang lebih kepada pencegahan. Semoga tahun ini bisa dilaunching,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR