Beranda Utama Isi Ramadan dengan Hal Baik

Isi Ramadan dengan Hal Baik

0
Isi Ramadan dengan Hal Baik
Wakil Walikota Depok yang juga Ketua DPD PKS Kota Depok, Imam Budi Hartono

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kaum  muslimin yang dirahmati Allah SWT. Kali ini saya ingin bertausiyah tentang pemanfaatan waktu.  Bagaimana anak diminta oleh ibunya untuk waktu selama bulan suci Ramadan dengan hal keabikan. Tapi anak itu malah main, tidur terlalu lama, sehingga tidak bisa dimanfaatkan waktunya dengan baik.

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-‘Asr: Auzubilahiminasaitonirojim Bismillahirohmanirohim, Wal asr innal insana lafi khusr illallazina amanu wa’amilus salihati wa tawasau bil; haqqi wa tawasau bis sabr. Yang artinya: Demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi, kecuali orang-orang yang beriman dan orang-orang yang beramal sholeh dan saling menasehati dalam kesabaran dan menasehati dalam yang hak.

Kaum muslimin yang dimuliakan Allah SWT, waktu terus berputar, waktu terus bergerak  hari ini tidak bisa digantikan lagi karena esok akan datang. Untuk itu mari kita isi waktu kita sebaik mungkin, karena dengan mengisi waktu kita itu Allah SWT akan memberi kita pahala. Waktu adalah modal kita sekalian, semua orang diberikan modal oleh Allah SWT untuk waktu yang telah disiapkan.

Sehari 24 Jam, seminggu 7 hari, sebulan 30 hari, dan semuanya berlalu. Dengan demikian sehingga waktu jika kita tidak manfaatkan, maka kita akan menjadi orang-orang yang merugi kita dilahirkan dalam keadaan bersih. Apakah kita kembali kepada Allah SWT dengan keadaan bersih atau dalam keadaan kotor.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT. Mari kita isi waktu dengan baik. Bagaimana kiatnya, yaitu dengan Iman. Karena iman itu sudah diberikan kepada kita sekalian untuk bisa dijalankan sesuai dengan apa yang dijalankan.

Iman itu adalah yakin dalam hati diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Bukan sekedar kita ingat saja. Insha Allah, Allah SWT akan memberikan kita pahala ketika kita solat, ketika puasa, kita melakukan shodaqoh, dan memang Allah SWT memberikan peluang yang besar, dan pahalanya dilipatgandakan.

Mari kita pupuk iman kita selama bulan suci Ramadan. Kita amalkan, baik amalan-amalan khusus kepada Allah SWT, salat, zakat, shodaqoh, tilawah, maupun muamalah sesama kita  dengan berbagi kebaikan, membantu orang tua kita, membantu ibu kita di dalam rumah tangga. Membantu tetangga kita yang sedang kesusahan dan membantu manusia yang sedang mengalami kesulitan itu adalah semua pahala.

Mari kita tingkatkan pahala kita di dalam bulan suci Ramadan ini. Ibu dan bapak kaum muslimin yang dimuliakan Allah,  demikian yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. (dra)