Beranda Metropolis Istri dan Anak Tertolong Program JKN-KIS

Istri dan Anak Tertolong Program JKN-KIS

0
Istri dan Anak Tertolong Program JKN-KIS
Warga Depok Dzulkifli Subarkah Fathurahman

RADARDEPOK.COM – Kehadiran Program JKN-KIS pada 2014 lalu, telah mempengaruhi sistem pelayanan kesehatan. Kehadirannya, telah membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik. Alhasil, tidak hanya orang kaya saja yang dapat berobat dengan baik, namun seluruh masyarakat kini dapat merasakannya. Seperti yang dirasakan keluarga Dzulkifli Subarkah Fathurahman, warga Kota Depok.

Dzulkifli mengungkapkan, program JKN-KIS adalah program yang sangat membantu masyarakat. Oleh karena itu, ia dan keluarganya langsung mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS tak lama setelah program tersebut diluncurkan. Dia dan keluarganya mendaftar pada tahun yang sama ketika program tersebut diluncurkan yaitu tahun 2014.

“Kami langsung mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS karena kami pikir program tersebut sangat bermanfaat. Dan hal itu memang benar terjadi. Keluarga saya sudah beberapa kali terbantu berobat di rumah sakit oleh Program JKN-KIS. Seperti saat istri saya terbantu saat melahirkan anak ketiga kami pada tahun 2019 lalu. Kemudian pada tahun 2020 lalu anak pertama kami juga terbantu waktu berobat rawat inap di RSUD,” ujar Dzulkifli, Rabu (14/4).

Dzulkifli mengungkapkan, berobat sebagai pasien JKN-KIS sangat bagus. Terbukti saat anaknya berobat di RSUD Kota Depok, ia dilayani dengan sangat baik oleh tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut. Selain itu, proses administrasi untuk bisa berobat juga tidak sulit. Yang paling penting hanya Kartu JKN-KIS harus dipastikan aktif. Selebihnya hanya administrasi biasa yang bisa dengan cepat diselesaikan.

“Dokter dan perawat sering mengontrol kondisi anak kami. Obat-obatan yang diberikan pun cocok dengan anak kami, sehingga dia bisa cepat sembuh. Kami merasa senang dengan pelayanan yang diberikan,” ujar Dzulkifli.

Selain anaknya dilayani dengan baik saat berobat, namun Dzulkifli mengaku bahwa ia tidak mengeluarkan biaya sama sekali saat itu. Menurutnya, semua biaya pengobatan anaknya dijamin oleh Program JKN-KIS. Sehingga ia tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pribadi. “Meskipun pelayanan yang diberikan sudah bagus, namun saya berharap agar pelayanan di fasilitas kesehatan terus ditingkatkan. Karena ditempat itulah manfaat Program JKN-KIS sangat dirasakan,” tutup Dzulkifli. (rd)

Editor : Fahmi Akbar