jokowi di istana
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

RADARDEPOK.COM – Di momen Idul Fitri, Presiden Joko Widodo tidak akan mudik ke Solo. Langkah itu diambil usai pemerintah menetapkan pelarangan mudik bagi seluruh masyarakat guna menekan potensi penularan virus Korona (Covid-19).

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman menyebut langkah Jokowi akan diikuti oleh seluruh anggota kabinet. Menurutnya, elite pemerintahan kompak tidak mudik tahun ini.

“Presiden, Wapres, Menko/Menteri, Kepala Lembaga dan pejabat publik tidak akan mudik Lebaran untuk menaati peraturan peniadaan mudik Lebaran pada 6 – 17 Mei 2021,” kata Fadjroel lewat, Selasa (27/4).

Fadjroel belum bisa memastikan kegiatan Jokowi dan keluarga saat Lebaran. Dia juga belum mengetahui apakah Jokowi akan beraktivitas di Istana Jakarta atau Istana Bogor.

Meski begitu, Fadjroel menegaskan Jokowi akan menjalani Idul Fitri dengan sederhana. Menurutnya, Jokowi hendak memberi teladan kepada masyarakat.

“Tidak ada buka puasa bersama dan open house Lebaran,” tutur Fadjroel.

Sebelumnya, pemerintah menerapkan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Kebijakan itu dibuat menyusul sejumlah momen libur panjang yang berujung pada lonjakan kasus Covid-19.

Larangan mudik disusul dengan pengetatan perjalanan antardaerah. Pemerintah memperketat syarat perjalanan pada 22 April hingga 5 Mei dan 18-24 Mei. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya