Beranda Ruang Publik Kebahagian Berbagi

Kebahagian Berbagi

0
Kebahagian Berbagi
Ketua Muhammadiyah Kota Depok, Idrus Yahya

RADARDEPOK.COM – Assalamu’alaikum wrwb. Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmatnya terutama nikmat Iman dan Islam, dikabulkan doa kita setahun yang lalu oleh Allah SWT untuk berjumpa kembali Ramadhan  tahun ini.

Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya hingga kepada kita umatnya  yang Insyaallah tetap istiqomah dalam dienul Islam.

Ramadan bulan kepedulian dan berbagi sesama muslim sebagai bentuk ibadah sosial seperti berinfaq , bershodaqoh dan jariyah lebih meningkat lagi sebagaimana Rasulullah saw dan para sahabatnya senang untuk  berbagi.

Hidup butuh saling tolong menolong, yang kaya jangan sombong dan yang miskin harus bersabar. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Innallażīna yatlụna kitāballāhi wa aqāmuṣ-ṣalāta wa anfaqụ mimmā razaqnāhum sirraw wa ‘alāniyatay yarjụna tijāratal lan tabụr.

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-Qur’an) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi,” (QS. Fatir 35: Ayat 29)

Dengan datang bulan Ramadhan kita tingkatkan kepedulian dan berbagi sesama muslim sebagai bentuk ibadah sosial. seperti berinfaq, perumpamaan dan gambaran orang yang berinfaq sangat baik dan menguntungkan dunia akhirat.

Mari banyak berbagi di bulan suci, agar bersih lahir dan bathin serta hilangkan sifat bakhil, medit dan pelit. Simak ayat ayat berikut ini:

  1. Infaq akan dilipatgandakan

Masalul laziina yunfiquuna amwaalahum fii sabiilil laahi kamasali habbatin ambatat sab’a sanaabila fii kulli sumbulatim mi’atu habbah; wallaahu yudaa’ifu limai yashaaa; wallaahu Waasi’un ‘Aliim.

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 261)

  1. Bisnis yang menyelamatkan

Yaaa ayyuhal laziina aammano hal adullukum ‘alaa tijaaratin tunjiikum min ‘azaabin aliim. “Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?”

Tu’minuuna billaahi wa Rasuulihii wa tujaahiduuna fii sabiilil laahi bi amwaalikum wa anfusikum; zaalikum khairul lakum in kuntum ta’lamuun. “(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui,”

Yaghfir lakum zunuubakum wa yudkhilkum Jannaatin tajrii min tahtihal anhaaru wa masaakina taiyibatan fii Jannaati ‘Ad; zaalikal fawzul ‘Aziim. “Niscaya Allah mengampuni dosa-dosamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan ke tempat-tempat tinggal yang baik di dalam Surga ‘Adn. Itulah kemenangan yang agung,” (QS. As-Saff 61: Ayat 10- 12)

  1. Jangan terlambat untuk berinfaq, nanti akan menyesal.(rd/dis)

Editor : Fahmi Akbar