Beranda Satelit Depok Kelurahan Pancoranmas Geber LRB

Kelurahan Pancoranmas Geber LRB

0
Kelurahan Pancoranmas Geber LRB
SUKSESKAN : Pembuatan Lubang Biopori di lingkungan RW12, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas, Minggu (11/04). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Warga RW12 bersama lurah dan Camat Pancoranmas bersinergi membuat Lubang Resapan Biopori (LRB). Ini merupakan tindak lanjut dari program 100.000 lubang biopori yang dicanangkan Walikota Depok.

Camat Pancoranmas, Utang Wardaya mengatakan, pelaksanaan pembuatan lubang biopori tersebut sesuai dengan arahan dan teknis dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memberikan banyak manfaat untuk lilingkungan. Disamping sebagai resapan air, juga dapat digunakan mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos.

“Selain lomba, ini juga menjadi kebutuhan masyarakat bahwa resapan air itu disamping pengendalian banjir, juga menjaga konservasi daya dukung dan daya rampung lingkungan,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (11/04).

Adapun, pihaknya memberikan dorongan kepada partisipasi masyarakat agar secara masif dengan memberikan pinjaman mesin bor untuk membuat lubang biopori. Diharapkan pengurus lingkungan lainnya yang belum bergerak dalam pengadaan LRB ini bisa segera melaksanakannya.

“Saya mengapresiasi warga bersama pengurus lingkungan RW12 hari ini bekerjasama dalam membuat LRB. Mudah-mudahan RW lainnya dapat melaksanakan program ini secara berkelanjutan,” bebernya.

Sementara itu, Lurah Pancoranmas, Suganda menjelaskan, ini merupakan kali kedua pengadaan pembuatan lubang biopori di wilayahnya, setelah sebelumnya dilaksanakan di RW10.

“Hari ini membuat 18 lubang dan 15 lubang di RT 2 dan 3. Semoga bisa menjadi suatu kebiasaan masyarakat untuk peduli kepada lingkungan,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua RW12 Djoko Adi Prasetyo menuturkan terima kasih atas bantuan dan dorongan dari pemerintah khususnya kecamatan dan kelurahan yang telah menyukseskan kerja bakti pembuatan lubang ini. Pihaknya juga akan menargetkan sebanyak 115 titik di enam RT.

“Terima kasih kepada masyarakat dan kecamatan serta kelurahan yang membantu memberikan pipa paralon sebanyak 28 potong beserta penutupnya dan pinjaman satu mesin alat biopori,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya