Beranda Metropolis Konsumsi Kurma : Sunah Nabi, Punya Ragam Manfaat

Konsumsi Kurma : Sunah Nabi, Punya Ragam Manfaat

0
Konsumsi Kurma : Sunah Nabi, Punya Ragam Manfaat
ILUSTRASI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Buah kurma rupanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Buah yang berasal dari Timur Tengah ini selalu naik daun di kala bulan Ramadan.

Pasalnya buah kurma juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW menjadi salah satu menu berbuka puasa yang ringan untuk di konsumsi. Ustad Arsal Sjah menjelaskan,kurma salah satu buah yang kaya akan fruktosa dan dapat mempercepat mengembalikan energi selepas satu hari berpuasa.

Buah kurma menjadi salah satu sunnah Nabi yang dianjurkan saat berbuka puasa karena dapat terjaga kekenyangannya sampai selesai tarawih. Dalam hadis Rasullah juga menganjurkan untuk para umatnya berbuka dengan segelas air putih dan kurma,” ungkapnya. 

Ia menjelaskan, kurma Ruthab atau kurma basah salah satu jenis kurma yang dikonsumsi oleh Nabi dan menjadi salah satu yang terbaik untuk dijadikan menu berbuka puasa. Sebab mudah dicerna oleh lambung karena memiliki tekstur yang lembut serta rasanya yang manis sangat cocok untuk mengembalikan energi selepas berpuasa satu hari.

Anjuran yang diajarkan nabi ketika mengkonsumsi buah kurma sehabis berbuka tidak lebih dari tiga butir kurma Ruthab dan efeknya ketika memakanan buah kurma ini perut dapat terjaga hingga lepas shalat tarawih hanya dengan mengkonsumsi 3 butir kurma tersebut.

Selain itu ada jenis kurma lainnya yang disukai nabi yaitu Kurma sukari atau kurma madu dan kurma ajwaa atau kurma rosul.

Kurma sukari atau kurma madu ini sangat unik karena kurma ini sangat lezat dengan kandungan madu yang banyak. Kalau kurma ajwaa atau kurma rosul ini konon katanya bagi siapapun yang memakannya dapat menangkal sihir dari orang jahat,” tukasnya.

Kurma ajwaa atau kurma rasul salah satu kurma terbaik yang pernah ada. Pasalnya benih kurma tersebut diberikan langsung dari malaikat zibril ke rasul yang konon di bawa dari surga lalu di tanam di madinah. Oleh karena itu hanya kurma ajwaa sajalah yang tumbuh di Madinah. (rd/mg5)

Jurnalis : Desduary

Editor : Junior Williandro