Beranda Politika Menuju 2024, NasDem Depok Perkuat Infrastruktur Partai

Menuju 2024, NasDem Depok Perkuat Infrastruktur Partai

0
Menuju 2024, NasDem Depok Perkuat Infrastruktur Partai
RAKORDA : Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustofa (Ketiga dari kiri) didampingi Sekretaris DPW NasDem Jabar, M. Rachmat (Kedua dari kiri) dan Ketua DPD NasDem Kota Depok, Hutomo Agus Subekti (Kedua kanan) saat Rakorda Partai NasDem Kota Depok di Wisma Hijau, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Minggu (4/4) malam. FOTO : NASDEM for RADAR

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mempersiapkan sejak dini menghadapi Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Depok menggelar Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) di Wisma Hijau, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Minggu (4/4) malam.

Agenda internal dan berlangsung tertutup tersebut turut dihadiri pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jabar, di antaranya Ketua DPW, Saan Mustofa dan Sekretaris DPW, M. Rachmat untuk memberikan arahan dan orasi politik kepada pengurus DPD dan DPC se-Kota Depok.

“Setelah Rakerda kami melakukan Rakorda untuk konsolidasi ditingkat DPC dan dari DPP menargetkan pembentukan DPRT (Tingkat kelurahan) selesai di Agustus. Adapun jumlah kepengurusannya adalah 55 orang kepengurusan,” Ketua DPD Partai NasDem Kota Depok, Hutomo Agus Subekti kepada Radar Depok.

HAS –sapaannya- melanjutkan, untuk NasDem Kota Depok pihaknya sudah membentuk dan merapikan infrastruktur di delapan DPC, dia pun menargetkan di April ini sudah rampung untuk 11 DPC yang ada di Kota Depok.

“Selanjutnya ke DPRT sampai di bulan Agustus untuk 63 DPRT. Sekarang pembentukan ini sedang berjalan di DPC-DPC, selanjutnya kami menyiapkan infrastrukturnya, seperti atribut partai, plank partai dan lainnya,” paparnya.

Yang dilakukan NasDem, HAS menegaskan untuk mempersiapkan diri menuju Pemilu 2024. Sebab, saat ini di Depok NasDem kehilangan kursi legislatif. Namun, mengalami kenaikan suara dari 25 ribu ke 29 ribu.

“Artinya ada kenaikan suara di partai, tapi kursi kami hilang, karena ada beberapa Dapil (Daerah Pemilihan) yang diharapkan tetap, tetapi mengalami penurunan,” ujarnya.

Berkaca dari Pileg 2019 kemarin, HAS kembali menegaskan, menjadi bahan pelajaran dan pengalaman untuk membenahi struktur organisasi serta kesiapan para calon anggota legislatif (Caleg) yang dimulai sejak dini.

“Rencanannya, kami akan melakukan perekrutan Bacaleg di 2021, sebab kami akan mempersiapkan sebaik-baiknya Caleg yang akan bertarung di Pileg nanti,” ucap HAS.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPW Partai NasDem Jabar, M. Rachmat mengatakan, Rakorda ini merupakan tindaklanjut dari Rakornas di Makassar, dan turunannya Rakorwil di Papandayan beberapa waktu lalu.

“Rakorda ini untuk penguatan dan konsolidasi struktur. Karena, kami mempersiapkan di 2021 ini adalah konsolidasi internal, bagaimana penguatan mesin partai dan di 2022 kami mencoba ke eksternal,” kata Rachmat.

Saat ini, sambung Rachmat,NasDem terus melakukan koordinasi dan penguatan internal dengan membentuk infrastruktur partai hingga tingkat ranting yang diharapkan selesai pada Bulan Agustus.

“Setelah itu, kami akan melakukan pengkaderan, setelah mereka menjadi pengurus, mereka akan dibekali dengan pengetahuan tentang politik, seperti apa itu partai NasDem, visi-misi, kekuatan partai NasDem dan kedepannya seperti apa, itu akan disampaikan ke kader agar saat mereka ditanya masyarakat mereka bisa menjawab,” katanya.

Dia berharap di Agustus mendatang, seluruh Jabar sudah membentuk pengurus DPRT yang jumlahnya 55 pengurus per ranting.

“Ini merupakan amanat Rakorwil DPW Partai NasDem Jabar,” ucap Rachmat. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah