Beranda Pendidikan Pahami Apa Arti Lambang OSIS yang Ada di Seragam Sekolah

Pahami Apa Arti Lambang OSIS yang Ada di Seragam Sekolah

0
Pahami Apa Arti Lambang OSIS yang Ada di Seragam Sekolah

RADARDEPOK.COM – Lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) selalu melekat seragam sekolah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Meski ada di seragam, tapi belum tentu semua siswa mengetahui arti gambar dan warna di lambang OSIS tersebut.

Lambang OSIS diciptakan oleh Idik Sulaeman Nataatmadja, pada saat beliau menjabat di Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Depdikbud RI sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan periode 24 November 1979 hingga 15 November 1983.

Dalam logo OSIS terdapat beberapa gambar yang ternyata memiliki arti. Ini penjelasan makna di tiap gambar yang ada di lambang OSIS:

1. Bunga bintang

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga melambangkan siswa sebagai generasi muda, dalam bentuk lima kelopak daun bunga yaitu abadi, adab, ajar, aktif dan amal.

2. Buku terbuka

Buku terbuka melambangkan belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

3. Kunci pas

Kunci pas melambangkan kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain. Sehingga siswa berani mandiri.

4. Tangan terbuka

Tangan terbuka menggambarkan kesediaan menolong sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan. Hal ini menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggungjawab.

5. Biduk

Biduk menggambarkan siswa sebagai perahu yang melaju di lautan hidup masa depan yang lebih baik. Yaitu, tujuan nasional yang dicita-citakan.

6. Pelangi merah putih

Pelangi merah putih menggambarkan tujuan nasional yang dicita-citakan yaitu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera baik materiil maupun spiritual.

7. 17 butir padi dan 8 lipatan pita

Butir padi sebanyak 17 dan lipatan pita sebanyak 8, buah kapas sebanyak 4, daun kapas sebanyak 5 melambangkan 17 Agustus 1945. Tanggal tersebut adalah peristiwa kemerdekaan Indonesia yang mengandung nilai-nilai perjuangan 1945. Nilai-nilai tersebut harus dihayati oleh para siswa sebagai kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional.

Warna dalam logo OSIS

1. Warna merah putih adalah warna kebangsaan Indonesia yang menggambarkan hati yang suci dan berani membela kebenaran.

2. Nuansa kuning sebagai dasar dari logo OSIS menggambarkan suatu kehormatan bila generasi muda diberi kepercayaan untuk berbuat baik dan bermanfaat melalui organisasi, baik untuk kepentingan dirinya dan sesama mereka. Itu sebagai salah satu sumbangsih nyata kepada bangsa dan negara.

3. Warna cokelat menggambarkan sifat kedewasaan dan sikap rela berkorban bagi tanah air. Itulah makna dari logo OSIS yang ada di seragam para siswa. Setelah membaca ulasan ini, kamu makin bangga saat menggunakannya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya