Beranda Ekbis dan Hiburan Pangkas Mata Rantai Distribusi Sembako, Pasar Tani Luncurkan Layanan O2O

Pangkas Mata Rantai Distribusi Sembako, Pasar Tani Luncurkan Layanan O2O

0
Pangkas Mata Rantai Distribusi Sembako, Pasar Tani Luncurkan Layanan O2O

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Selama bulan Ramadan, harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) melonjak drastis. Kenaikan harga merupakan fenomena yang berulang setiap tahun. Beberapa penyebab kenaikan karena adanya permintaan yang meningkat dari konsumen, kenaikan biaya distribusi, dan psikologi pasar menjelang Ramadan.

Menyikapi hal itu, Pasar Tani mengembangkan model bisnis jaringan outlet Sembako dan produk pangan yang memberikan layanan online-to-offline (O2O). Dalam layanan tersebut, masyarakat dapat belanja langsung ke outlet Pasar Tani atau memesan via online.

“Pasar Tani memulai bisnis dengan misi menyederhanakan mata rantai distribusi produk pangan dan Sembako,” kata Pengelola Pasar Tani, Indrawan Adi Sucipto di Jakarta, Sabtu (24/04).

Ia menjelaskan, produk Sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang tidak mengenal tren. Permintaan pasar terhadap Sembako, relatif stabil dan cukup tinggi terutama di kota besar. Hal ini menyebabkan adanya mata rantai distribusi yang panjang dari petani dan produsen sampai ke konsumen.

“Mata rantai ini dapat bermulai dari petani sebagai pemasok beras dan Sembako lainnya. Dikumpulkan pengepul/tengkulak, masuk ke pasar mikro. Kemudian dipasarkan ke pasar makro dan baru bisa diterima masyarakat setelah melalui distribusi ke toko Sembako dan modern retail. Nah, Pasar Tani hadir untuk menyederhanakan mata rantai ini sehingga meningkatkan pendapatan petani,” jelas Indrawan.

Dia mengemukakan, Pasar Tani juga fokus pada penyelesaian masalah pelanggan (customer) dalam mendapatkan produk pangan dan Sembako yang terjangkau, segar dan berkualitas. Pasar Tani konsisten, baik dari segi harga, kualitas produk dan kualitas layanan. Sasarannya, masyarakat dapat berbelanja produk pangan dan Sembako dengan aman dan nyaman.

Saat ini, sambung dia, Pasar Tani telah memberikan layanan penyediaan produk pangan dan Sembako di beberapa wilayah di Jabodetabek. Diantaranya Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Cimanggu (Bogor) dan Katulampa (Bogor). Pada Ramadan ini, Pasar Tani menambah outletnya dengan hadir di Jalan Raden Saleh, Nomor 79, Sukmajaya, Depok.

“Kami hadir untuk menyediakan produk pangan dan Sembako yang terjangkau, segar dan berkualitas untuk masyarakat Depok dan sekitar,” tutup Indrawan. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah