Beranda Metropolis Penggerak Pengamen Ondel-Ondel Bisa Dipidanakan

Penggerak Pengamen Ondel-Ondel Bisa Dipidanakan

0
Penggerak Pengamen Ondel-Ondel Bisa Dipidanakan
ONDEL-ONDEL : Seorang anak saat sedang mempersiapkan perlengkapan kebutuhan ondel-ondel untuk mengamen di salah satu jalan Kota Depok. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Korps Penegak Perda mulai serius menertibkan pengamen yang menggunakan onde-ondel dalam mencari nafkah. Terutama bagi oknum yang memerintah anak dibawah umur mengamen.  Satpol PP tidak segan-segan akan mempidanakan yang mengkoordinir anak-anak.

“Kita sudah buat aturannya, ada di peraturan daerah sampai edarannya sudah kita edarkan. Ini tentang ketertiban umum,” tegasnya Kasatpol PP Kota Depok, Lienda Rantanurdianny kepada Harian Radar Depok, Kamis (15/4).

Terkait, turut serta anak di bawah umur dalam mencari nafkah menggunakan ondel-ondel, Lienda menegaskan, hal ini telah melanggar serta tidak mendukung Kota Depok dalam berkonsentrasi melindungi anak demi mendapatkan hak anak. “Masalah ini, kami telah berkoordinasi dengan DPAPMK. Kita yang menindak, nanti DPAPMK yang akan melakukan pembinaan,” jelasnya.

Nantinya, kedua dinas tersebut melakukan assesment untuk mengetahui motif keterlibatan anak yang mengamen dengan cara ondel-ondel. Hal ini tentunya agar upaya Kota Depok dalam menegakan Kota Layak Anak semakin terealisasi. “Kita akan cari tahu, apa anak anak di bawah umur ini atas kemauannya sendiri atau ada yang di suruh,” tegasnya.

Menurutnya, jika nanti setelah assesment ditemukan bahwa anak dibawah umur tersebut ternyat diperintahkan atau di suruh. Hal ini dapat dilaporkan ke pihak kepolisian. Sehingga pihak Satpol PP mengajak peran masyarakat untuk melaporkan ke pihak terkait apabila mengetahui kejadian tersebut. “Jangan takut melaporkan, ini demi kebaikan anak anak itu.kami akan menindaklanjuti laporan tersebut,” tutup Lienda. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu 

Editor : Fahmi Akbar