Beranda Metropolis PLN Remajakan Trafo Senilai Rp70 Milliar

PLN Remajakan Trafo Senilai Rp70 Milliar

0
PLN Remajakan Trafo Senilai Rp70 Milliar
EKSEKUSI : Pemeliharaan  jaringan saluran udara tegangan extra tinggi, saluran tegangan tinggi, dan gardu induk tegangan extra tinggi. PLN for Radar Depok

RADARDEPOK.COM – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (PLN UIT JBB) sebagai pengelola ketenagalistrikan yang fokus dalam memelihara jaringan, melakukan penggantian trafo interbust (ibt) 500 kv berjumlah 3 unit yang berlokasi di gitet Gandul, Cinere, Depok. Pergantian dilakukan untuk keandalan sistem kelistrikan Jakarta dan Jawa Bali.

Vice President Transmisi Jawa Madura Bali PT PLN (Persero), Eko Yudo Pramono menyampaika, hasil uji trafo yang telah berusia 38 tahun, telah banyak mengalami penurunan performa. Sehingga masuk kedalam kategori yang harus segera dilakukan penggantian untuk mengantisipasi adanya gangguan yang berakibat pada pelanggan.

“Mengingat trafo ini memegang peranan penting untuk memasok listrik di wilayah DKI Jakarta, khususnya untuk daerah VVIP mulai dari Senayan hingga istana negara,” ucap Eko yang di dampingi general manager PLN UIT JBB, Erwin Ansori dan Himmel Sihombing,  Manager Upt Cawang sebagai penanggung jawab pengelola gitet Gandul.

Baginya, pengantian ini cukup krusial, karena dalam proses penggantian ini sangat memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, sistem kelistrikan harus dikondisikan agar dapat membackup pasokan listrik di wilayah Jakarta.

“Mulai dari pembangkit di Muara Karang untuk mengcover beban di sekitar Jakarta, hingga pengaturan sampai ke pelanggan. Dan untuk penggantian trafo ini PLN mengeluarkan investasi sebesar Rp70 miliar,” jelasnya.

Pekerjaan ini dapat diselesaikan lebih cepat 5 hari dari target yang direncanakan, pengoperasian trafo ini akan dilaksanakan pada 17 april 2021 atau 18 april 2021. Tergantung dari hasil uji trafo sebelum dilakukan pembebanan (energize). (rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar