Beranda Metropolis Raden Sungging, Penyebar Islam yang Ditakuti Belanda

Raden Sungging, Penyebar Islam yang Ditakuti Belanda

0
Raden Sungging, Penyebar Islam yang Ditakuti Belanda
Makam Raden Sungging di Pondok Jaya. FOTO : DESDUARY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Nama Raden Sungging mungkin sudah tak asing lagi di telinga warga Kota Depok. Ia merupakan salah seorang tokoh penyebar agama Islam dari Majapahit yang pindah ke Depok. Raden Sungging yang juga merupakan ulama memiliki jiwa pemberani.

Bagaimana tidak, ia berhasil memberantas kemaksiatan yang dilakukan oleh Belanda yang berada di Citayam, Pondok Terong, Ratu Jaya dan sekitarnya.

Hal ini diceritakan oleh Ketua RW1/7, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Rusnadi, bagaimana perjuangan Raden Sungging ketika berada di Depok untuk membela para rakyat yang tertindas dan menyebarkan agama islam pada saat itu.

Raden Sungging itu adalah pejuang dari Majapahit yang hijrah ke kota Depok salah satunya di lokasi Pondok Terong ini. Dengan kehadirannya banyak membawa perubahan,” ujar Rusnadi, kepada Radar Depok

Rusnadi menjelaskan, Raden Sungging pun menjadi salah satu jawara yang ditakuti pemerintah kolonial Belanda, karena memiliki sifat ketegasan dan kesaktiannya.

Apalagi ia menjadi salah satu pemimpin kelompok pemberontakan untuk mengusir Belanda. Sebagai pemimpin yang tegas dan bertangung jawab ia rela ditangkap oleh Belanda untuk menyelamatkan para rakyatnya dari ancaman bahaya.

Dipercayai juga bahwa Raden Sungging memiliki ilmu kanuragan yang sekilas mirip dengan ilmu rawa rontek yang dimiliki pitung.

Sebab dipercayai bahwa Raden Sungging kebal dari berbagai macam senjata yang digunakan oleh Belanda seperti meriam dan senapan, menjadi tak berfungsi karena pengamalan doa yang dilakukannya.

Karena kewibawaannya dan ketegasan dan sebagai pemimpin ia diangkat oleh masyarakat setempat sebagai pemimpin untuk melindungi Citayam dari ancaman Belanda.

Makam Raden Sungging yang berada di Pondok Terong, banyak di kunjungi para peziarah apalagi di Bulan Ramadan ini banyak pengunjung yang meminta dan berdoa kepada beliau untuk diberikan keberkahan dalam hidupnya

“Iya pastinya setiap hari ada saja penziarah yang datang untuk mengunjugi makan Raden Sunging untuk meminta doa dan kerberkahan dari beliau,” pungkasnya. (rd/mg5)

Jurnalis : Desduary

Editor : Junior Williandro